visitaaponce.com

Istana Bantah Sudirman Said yang Klaim Dimarahi Jokowi soal Papa Minta Saham Freeport

Istana Bantah Sudirman Said yang Klaim Dimarahi Jokowi soal ‘Papa Minta Saham’ Freeport
Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR Setya Novanto di tahun 2017.(MI)

KOORDINATOR Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membantah klaim mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yang mengaku pernah dimarahi Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena melaporkan Ketua DPR RI Setya Novanto saat itu ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pada 2015. Sudirman melaporkan Setya Novanto ke MKD terkait dengan saham Freeport.

"Tidak benar Presiden Jokowi memarahi Sudirman Said karena melaporkan Setya Novanto (Ketua DPR saat itu) ke MKD pada tahun 2015," katanya lewat keterangan tertulis, Sabtu (2/12).

Baca juga: Sudirman Said Ungkap Pernah Dimarahi Jokowi saat Laporkan Setnov ke MKD

Menurut Ari, Presiden Jokowi justru sangat mengapresiasi proses terbuka yang dilakukan MKD terkait kasus tersebut. Bahkan, ia juga mengatakan bahwa Presiden terus mengikuti perkembangan kasus itu lewat berbagai media maupun para staf.

"Presiden juga berpesan untuk terus mendidik masyarakat karena persoalan etika itu penting bagi publik," tandas Ari.

Baca juga: Pengamat: Belum Waktunya Freeport Perpanjang Kontrak dalam Waktu Dekat

Sudirman yang saat ini menjadi Co-Captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) mengungkap pernah dimarahi Presiden ketika melaporkan Setya ke MKD karena diduga mencatut nama Jokowi dan Jusuf Kalla yang saat itu menjabat Wakil Presiden untuk meminta saham kepada PT Freeport Indonesia. Di tahun 2015 isu soal Setya Novanto yang meminta saham ke Freeport memang santer terdengar, bahkan hingga muncul istilah satir ‘papa minta saham’ di masyarakat.

"Ketika saya melaporkan kasus Pak Novanto ke MKD, itu presiden (Jokowi) sempat marah. Saya ditegur keras," aku Sudirman di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (1/12).

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat