visitaaponce.com

Kepercayaan Rakyat Turun, Anies Segalanya Mulai dari Kepala

Kepercayaan Rakyat Turun, Anies: Segalanya Mulai dari Kepala
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) mengangkat tangannya usai berkampanye di Ponpes Al-Aziziyah Kapek, Kecamatan Gunungsari.(Antara/Ahmad Subaidi.)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyoroti kepercayaan rakyat menurun terhadap negara. Situasi itu justru terjadi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya beri contoh, akhir-akhir ini kita mau pemilu, semua bicara tentang bagaimana negara netral, bagaimana tidak ada kecurangan. Artinya apa? Alam bawah sadar kita mengatakan kami kurang percaya pada negara," kata Anies dalam acara Desak Anies episode 7 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa, 19 Desember 2023.

Anies mengatakan negara mestinya selalu menjaga kepercayaan rakyat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut sosok di posisi puncak atau kepala yang mestinya menjaga hal itu.

Baca juga: Anies-Muhaimin Komitmen Transparan dalam Menyusun Kebijakan

"Dari yang paling puncak harus menjaga kepercayaan itu. Memang kepala itu mulainya. Iya segalanya mulai dari kepala," ujar Anies.

Ia menekankan pilar dalam demokrasi ialah kepercayaan rakyat kepada negara. Elemen tersebut mencegah timbulnya kecurigaan masyarakat secara terus menerus.

Baca juga: Anies-Muhaimin Tawarkan Bansos Plus, Ini Manfaat dan Targetnya

"Negara itu harus dipercaya. Kalau negara tidak dipercaya, rakyat akan curiga," ucap Anies. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat