visitaaponce.com

Anies-Muhaimin Komitmen Transparan dalam Menyusun Kebijakan

Anies-Muhaimin Komitmen Transparan dalam Menyusun Kebijakan
Antusiasme masyarakat menyapa calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan saat hadir dalam haul dan tahlilan di Wosu, Morowali.(MI/Susanto.)

PASANGAN calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berjanji transparan dalam menyusun setiap kebijakan. Jangan sampai program yang ditujukan bagi masyarakat tidak melibatkan masyarakat.

"Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar berkomitmen mendorong dan menyediakan ruang-ruang perumusan kebijakan politik di ruang publik yang terang-benderang," kata juru bicara AMIN Irvan Pulungan dalam konferensi pers di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Desember 2023.

Irvan mengatakan hal itu penting untuk menekan praktik oligarki. Menurut dia, oligarki ialah orang yang punya kepentingan tertentu dan menggunakan sumber dayanya untuk memengaruhi kebijakan negara.

Baca juga: Anies-Muhaimin Tawarkan Bansos Plus, Ini Manfaat dan Targetnya

"Oligarki bisa melakukan itu di ruang-ruang tertutup proses kebijakan publik," ujar dia.

Irvan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam setiap penyusunan kebijakan. Seluruh aktor dan warga terdampak bisa bernegosiasi dengan posisi yang sama.

"Berarti kita komitmen memberi informasi yang sama, akses partisipasi yang sama, akses kebijakan yang sama agar posisinya sama," papar dia.

Baca juga: Anies Baswedan: Cuma Kami yang Mengusung Visi Agromaritim

Irvan menyebut nanti seluruh pemangku kepentingan bisa difasilitasi AMIN bila terpilih. Karenanya, muncul kebijakan-kebijakan publik yang berpihak pada bangsa dan negara. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat