visitaaponce.com

Anies Baswedan Cuma Kami yang Mengusung Visi Agromaritim

Anies Baswedan: Cuma Kami yang Mengusung Visi Agromaritim
Capres Anies Baswedan(Antara)

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyebut hanya pihaknya yang mengusung visi soal sektor agromaritim dalam kampanye Pilpres 2024. Anies menyampaikan hal itu saat menghadiri Food & Agriculture Summit di Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (18/12).

"Yang menyebutkan diksi agromaritim, hanya visi misi capres nomor satu," ujar Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan tantangan agromaritim yang kini dihadapi Indonesia, yakni harga pangan yang timpang dan tidak terjangkau.

Baca juga: Anies: Transaksi Janggal Dana Kampanye Pemilu Harus Diusut Tuntas

Selain itu, ada pula krisis iklim yang membuat produksi pertanian menjadi tidak maksimal, petani dan nelayan belum sejahtera, fenomena aging farmers, kerentanan pangan akibat ketergantungan impor, hingga berkurangya lahan pertanian.

"Petani kita, menurut catatan yang ada, itu mayoritas berusia di atas 43 tahun. Kalau tidak salah, itu 72% dari total petani," katanya.

Baca juga: Timnas Amin: Pernyataan Anies Soal Etika Bukan Personal

Oleh karena itu, dia akan membawa perubahan secara menyeluruh dalam sektor agromaritim untuk mengatasi sejumlah tantangan tersebut.

"Dari agromaritim konvensional, menjadi agromaritim menjadi berkelanjutan," imbuhnya.

Selain itu, menurut dia, syarat Indonesia untuk bisa menjadi negara maju bukan menjadikan Indonesia menjadi negara Industri, melainkan negara yang mau belajar.

"Jika kita bisa menyebutkan kita sebagai negara pembelajar, bangsa pembelajar, kita akan sampai ke era maju," kata dia.

Dalam penyusunan visi untuk agromaritim, dia mengaku mendengarkan pemikiran dari timnya. Karena cara itu ia yakini menjadi kunci untuk menghadapi masalah-masalah.

"Kita kumpulkan mereka, berpikiran terbuka jangan merasa tahu, buka saja, kita dengarkan apa yang tim cari sana-sini," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat