visitaaponce.com

Anies dan Ganjar Hadiri Dialog Agromaritim yang Digelar HA IPB

Anies dan Ganjar Hadiri Dialog Agromaritim yang Digelar HA IPB
Capres Ganjar Pranowo menghadiri dialog bersama HA IPB terkait agromaritim(MI/Dede Susianti)

HIMPUNAN Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Food Agriculture Summit III dan Dialog Calon Presiden RI 2024-2029 selama dua hari berturut-turut 18-19 Desember 2023, di IPB International Convention Center (IICC) Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam acara yang bertema Mewujudkan Kedaulatan Agromaritim sebagai Fondasi Utama untuk Indonesia Emas 2045, pihak HA IPB telah mengundang ketiga calon presiden (capres). Namun hanya dua yang hadir memaparkan visi dan misinya dan berdialog.

Dua capres yang hadir adalah capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Sementara Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak hadir.

Baca juga : Anies, Prabowo, dan Ganjar Bertarung di Epic Rap Battles of Presidency 2024

Capres Anies hadir di hari pertama pada Senin (18/12) malam, langsung dari acara kampanyenya di Lubuk Lingau, Sumatra Selatan. Sedangkan Ganjar Pranowo hadir di hari kedua, Selasa (19/12) siang.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat HA IPB Welnag S Jas mengatakan hingga Selasa sore tidak ada konfirmasi dari pihak Prabowo akan hadir. Meski demikian pihaknya memakluminya.

"Kami ambil inisiatif, mungkin cari waktu lain yang kira-kira beliau bisa, kita undang lagi. Pada prinsipnya kita undang,"kata Walneg.

Baca juga : Masa Kampanye Usai, Survei Elektabilitas Capres-cawapres Bergerak Dinamis

Soal alasan ketidakhadiran Prabowo, Walneg menjelaskan berdasarkan komunikasi dari pihak atau timnya, Prabowo sedang sibuk. Di hari pertama, Prabowo beralasan ada rapat kabinet dan di hari kedua berdasarkan informasi dari timnya Prabowo mendampingi Presiden ke luar kota.

Ketika ditanya apakah kemungkinan Prabowo tidak tertarik dengan isu yang diangkat, soal agromaritim, Walneg menjawab diplomatis.

"Saya kira mungkin tertarik, saya juga pernah mendengar pidato beliau tentang agromaritim. Tapi timnya mengatakan masalah waktu. jadi kita positif thinking saja ini masalah waktu. Nanti kita undang lagi,"katanya.

Baca juga : Kampanye Akbar Bisa Pengaruhi 10% Undecided Voters

Sebelumnya, pihak panitia menerima informasi karena tidak bisa hadir, Prabowo mengirimkan timnya. Namun karena ini dialog capres, sehingga pihak HA IPB tidak bisa menerima karena menilai tidak fair. Termasuk tidak baik secara psikologis. Pihaknya memilih untuk menundanya.

"Ada timnya. Tapi kita bilang kan gak fair, gak enak yah, karena yang dua adalah capresnya langsung. nanti kan secara psikologis kan ada perasaan tidak enak. Jadi kita menghindari itu,"terang Walneg.

Setelah mendengarkan paparan visi dan misi dari Capres Anies Baswedan dan Capres Ganjar Pranowo, HA IPB menilai keduanya cukup punya perhatian dan ada komitmen terhadap isu agro maritim.

"Saya menilai beliau-beliau sangar penting untuk mengadres agro maritim. Jadi secara konsep secara aspirasi beliau-beliau, keduanya menangkap ini penting sekali dan berkomitmen,"pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat