visitaaponce.com

Ini Daftar Pansel KPK, Tugas Rampung 24 Desember

Ini Daftar Pansel KPK, Tugas Rampung 24 Desember
Ilustrasi.(Dok MI)

MENTERI Sekretaris Negara RI Pratikno membenarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani surat Keputusan Presiden tentang pembentukan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus anggota dewan pengawas KPK.

Presiden, kata Pratikno, sudah menetapkan ketua pansel ialah Muhammad Yusuf Ateh. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Wakil ketuanya ialah Arief Satria yang saat ini menjabat sebagai Rektor IPB sekaligus ketua ormas besar. Sedangkan anggotanya pansel antara lain Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavananda, juga Nawal Nely, Ahmad Erani Yustika, Ambeg Paramarta, Elwi Danil, Rezki Sri Wibowo, Taufik Rachman.

Baca juga : Presiden Jokowi Diingatkan Pentingnya Integritas dalam Pemilihan Anggota Pansel Capim KPK

Pratikno mengatakan ketuanya pansel capim KPK dipilih dari unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Dewas KPK. 

"Di situ disebutkan ketuanya dari unsur pemerintah pusat. Jadi anggota panselnya ada 9 orang, 5 orang dari unsur pemerintah pusat dan 4 orang dari unsur masyarakat," kata Pratikno, pada konferensi pers di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Secepatnya setelah Keppres ini terbit, pemerintah akan mengundang para pansel segera untuk bekerja. Sekretariatnya nanti akan beraada di Sekretariat Negara. 

Baca juga : 9 Mantan Komisioner KPK Surati Jokowi Terkait Pembentukan Pansel

"Usulan nama banyak sekali dari berbagai unsur masyarakat. Jadi dari berbagai pertimbangan itulah keputusannya untuk pansel," kata Pratikno.

Pemerintah berharap pansel dapat secara optimal bekerja sebaik-baiknya untuk menentukan nama-nama capim dan dewas KPK yang akan dibawa dan diusulkan ke DPR. "Kita memberi waktu nanti Desember 2024 tanggal 20 harus selesai tugasnya Pansel ," kata Pratikno.

Daftar Pansel KPK

1. Ketua Pansel merangkap anggota, Muhammad Yusuf Ateh.

Baca juga : Membangkitkan KPK dari Kubur

2. Wakil Ketua merangkap anggota, Arief Satria.

3. Ivan Yustiavandana.

4. Nawal Nely.

Baca juga : Albertina Ho Pilih Fokus Kerja Dibandingkan Pusing Dilaporkan Nurul Ghufron

5. Ahmad Erani Yustika.

6. Y. Ambeg Paramarta.

7. Elwi Danil.

8. Rezki Sri Wibowo.

9. Taufik Rachman. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat