visitaaponce.com

9 Mantan Komisioner KPK Surati Jokowi Terkait Pembentukan Pansel

9 Mantan Komisioner KPK Surati Jokowi Terkait Pembentukan Pansel
Sembilan mantan komisioner KPK mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo, menyarankan pembentukan pansel yang kompeten.(Antara)

SEBANYAK sembilan mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait sosok panitia seleksi (pansel) calon pimpinan lembaga antirasuah. 

“Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan secara baik dan matang oleh Presiden di tengah merosotnya performa KPK belakangan waktu terakhir,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana melalui keterangan tertulis, Minggu (19/5).

Kurnia merupakan pihak yang membantu mengirimkan surat itu kepada Presiden. Menurutnya, isi surat berisikan permintaan agar Jokowi memilih anggota pansel yang kompeten.

Baca juga : Koalisi Masyarakat Desak Jokowi Tetap Lakukan Seleksi Pimpinan KPK

“Sembilan orang mantan Komisioner KPK mengirimkan surat terbuka kepada Presiden agar kemudian dapat memilih figur-figur berintegritas, kompeten, dan independen yang nantinya akan menjadi panitia seleksi komisioner dan Dewan Pengawas KPK periode 2024-2029,” ujar Kurnia.

Kurnia menjelaskan dalam surat itu, para mantan pimpinan KPK meminta Jokowi memilih anggota pansel yang berintegritas baik dari rekam jejak hukum maupun etika. Sosok yang ditunjuk juga wajib mengetahui kondisi pemberantasan korupsi saat ini.

“Sehingga, panitia seleksi bekerja berdasarkan realita permasalahan yang faktual,” ucap Kurnia.

Saran terakhir, anggota pansel diminta independen. Juri yang ditunjuk harus bersih dari hubungan dengan kelompok, institusi, maupun partai politik.

Sebanyak sembilan mantan pimpinan KPK yang bersurat itu yakni Erry Riyana Hardjapamekas, Mochamad Jasin, Mas Achmad Santosa, Busyro Muqoddas, Adnan Pandu Praja, Abraham Samad, Laode M Syarif, Basaria Panjaitan, dan Saut Situmorang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat