visitaaponce.com

Jelang Idul Adha, DKI Gandeng IPB Petakan Distribusi Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, DKI Gandeng IPB Petakan Distribusi Hewan Kurban
Pedagang memberi jamu dan vitamin kepada sapi yang dijual di lapak hewan kurban Restu Slamet, Petukangan, Jakarta, Selasa (20/6/2023).(ANTARA/MUHAMMAD IQBAL)

DINAS Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan pemetaan dalam rangka pengiriman hewan kurban dari luar Jakarta.

"Misal, sebagian besar hewan kurban yang masuk ke Jakarta sebagian besar dari Jawa Timur, kemudian yang terdekat dari Lampung, itu kita yang petakan," ujar Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati kepada wartawan, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, Dinas KPKP DKI talah bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam proses pemetaan pengiriman hewan kurban itu.

Baca juga : Tips Aman Penanganan Daging Kurban Ala DKPKP Provinsi DKI Jakarta

Lebih lanjut, adapun pemetaan juga dilakukan guna memastikan kondisi hewan kuban yang nanti akan dijual kepada masyarakat Jakarta.

"Mereka (peternak) sesungguhnya untuk pengendalian penyakitnya seperti apa? Jadi (pemetaannya) lebih kayak gitu," ujar Suharini.

Pemprov DKI juga saat ini melibatkan dokter hewan, organisasi masyarakat, hingga pengurus masjid dan musala.

"Termasuk dengan kawan ormas-ormas lain. Misalnya pengurus masjid dan musolah, yang tahun kemarin sudah dilakukan, sekarang kita tingkatkan kembali," kata Suharini. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat