visitaaponce.com

Jelang Debat Perdana Cawapres, Gen-KAMI Ini Pertarungan Generasi

Jelang Debat Perdana Cawapres, Gen-KAMI: Ini Pertarungan Generasi
Ketua Umum Komunitas Gen-KAMI (Komunitas Aktivis Milenial Indonesia), Ilham Latupono.(Ist)

Arus opini yang dibentuk untuk mendiskreditkan calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menjelang debat perdana cawapres membuktikan bahwa Pilpres 2024 adalah pertarungan generasi. Hal itu disampaikan Ketua Umum Komunitas Gen-KAMI (Komunitas Aktivis Milenial Indonesia), Ilham Latupono, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/12).

Baca juga : Prabowo-Gibran Didukung Relawan dari Kaum Muda, Targetkan 1 Putaran

Ilham menyinyalir pembentukan arus opini dilakukan sekelompok elite politik tua yang anti-keberlanjutan program-program strategis nasional. Kampanye negatif itu bertujuan melemahkan kepercayaan publik kepada Gibran hanya karena Wali Kota Surakarta itu masih berusia muda. "Elite-elite tua berusaha men-downgrade Gibran karena ia satu-satunya sebagai representasi generasi milenial di panggung Pilpres 2024. Agenda besar di balik itu adalah menghambat keberlanjutan program-program strategis yang sedang dikerjakan Jokowi," terang Ilham.

Gen-KAMI menyayangkan istilah-istilah negatif yang dikampanyekan para buzzer media sosial yang tujuannya merendahkan kapasitas putra Presiden Jokowi itu. Misalnya, tagar Bocil Grogi Debat yang dimassifkan lewat platform X (dulu Twitter) beberapa waktu belakangan.

Kampanye negatif itu, lanjut Ilham, menunjukkan terang-terangan bahwa kelompok tua tidak rela ada perwakilan langsung anak muda yang bertarung gagasan di arena Debat Pilpres 2024. "Seperti penyematan istilah Bocil (bocah kecil) kepada Gibran. Istilah ini mengesankan Pilpres adalah mainan orang tua, dan tidak pantas buat orang muda," kata Ilham Latupono.

Ilhan menegaskan lagi bahwa Gen-KAMI berpihak pada upaya penguatan peran anak-anak muda, khususnya generasi milenial dan generasi Z, untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Di usia emas 100 tahun itu, Indonesia ditargetkan sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya.  Karena itu sumber daya manusia Indonesia harus unggul, berkualitas, dan memiliki karakter.

"Upaya itu harus dimulai dari sekarang dan kami menganggap Pilpres 2024 adalah momentum untuk membuka peran lebih besar bagi kaum muda sebagai pemilik masa depan demi terwujudnya Indonesia Emas," terang Ilham.

Gen-KAMI adalah komunitas yang diisi anak-anak muda kelahiran tahun 1980 ke atas atau yang disebut generasi milenial dan generasi Z.

Gen-KAMI mengaku tidak terafiliasi partai politik atau paslon manapun yang berlaga di Pilpres 2024. Keberpihakan Gen-KAMI murni pada penguatan kapasitas dan peran kelompok muda untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. (RO/B-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat