visitaaponce.com

KPU-Bawaslu Harus Tertibkan Penonton Debat Cawapres

KPU-Bawaslu Harus Tertibkan Penonton Debat Cawapres
Tiga kandidat cawapres akan menyampaikan visi misinya malam ini.(AFP)

PAKAR hukum kepemiluan dari Universitas Indonesia Titi Anggraini, mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menertibkan penonton debat calon wakil presiden (cawapres), yang bakal digelar di JCC, Jakarta, Jumat (22/12) malam ini.

Diketahui, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka Gibran sempat mengompori atau mengajak para pendukungnya untuk bersorak, sehingga para penonton menjadi heboh.

Momen tersebut terjadi saat Prabowo menjawab pertanyaan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membuka jalan Gibran untuk diusung sebagai Cawapres.

Baca juga : Debat Cawapres, Pengamat: Banyak yang Tak Dipahami Gibran

Agar tidak terulang, Titi meminta KPU maupun Bawaslu menertibkan pengunjung supaya tidak bersikap seperti pendukung bola.

‘Bawaslu-KPU harus lebih tertibkan pengunjung atau pendukung supaya tidak bersikap seperti suporter bola yang terlalu ramai dengan yel-yel seolah-olah para calon sedang bertanding,” tegas Titi, Jumat (22/12).

“Ingat calon wakil presiden bukan sedang bertanding, tapi mereka sedang menguji dan mengadu gagasan sebaga calon pemimpin yang akan mmebuat kebijakan bagi semua orang,” tambahnya. Adapun tema yang akan dibahas dalam debat cawapres nanti meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga : Debat Cawapres, KPU Kaji Penambahan Durasi Closing Statement 

Debat ini nantinya dimulai pukul 19.00 WIB di JCC Senayan. Debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit. Segmen 1 khusus untuk pemaparan visi dan misi. Segmen 2,3,4, dan 5 masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah.

Segmen terakhir atau segmen ke-6 adalah penyampaian pernyataan penutup setiap cawapres. Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana untuk calon presiden (capres). Yaitu capres dari nomor urut 1 Anies Baswedan, nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Debat capres ini digelar di Gedung KPU, Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Desember 2023. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat