visitaaponce.com

Buka Diri untuk Dialog, Anies yang Golput Bisa Langsung Tentukan Pilihan

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan kerap memenuhi undangan dialog dengan masyarakat, salah satunya kegiatan Desak Anies yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta sore ini. Anies menilai dialog itu bisa membuat masyarakat menentukan pilihannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Jadi saya sampaikan tadi di penutupan kepada teman-teman semua. Kenapa kami membuka untuk berdialog supaya teman-teman yang belum menentukan pilihan bisa mengetahui apa pikiran kami, apa rekam jejak kami dan apa langkah-langkah yang pernah kami kerjakan," kata Anies di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2023.

Anies meminta masyarakat membandingkan masing-masing pasangan calon (paslon). Dia menyebut membandingkan dengan kesempurnaan tidak ada yang sempurna. Namun, masyarakat disebut bisa membandingkan masing-masing gagasan baik paslon nomor urut 1, 2, dan 3.

Baca juga: Jelang Debat, Anies Baswedan Datangi Kediaman Cak Imin

"Mungkin dari 100 hal ada 10 yang kita tidak sama, mungkin ada 90 urusan yang kita sama bandingkan saja di antara tiga (paslon). Nah, ketika teman-teman memiliki informasi itu kami berharap kemudian bisa mengambil keputusan. Itu lah sebabnya kami pendekatannya adalah ini open book, kami buka bukunya silakan dilihat, silakan dibandingkan," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies menerima sejumlah pertanyaan dari masyarakat yang hadir dalam Desak Anies. Anies menilai pertanyaan-pertanyaan itu cukup berbobot. Dia mengaku akan selalu membuka diri untuk berdiskusi, berdialog pada semua tema.

Baca juga: Pilih AMIN, Ini Alasan Pengasuh Ponpes Tebu Ireng 

"Karena kami percaya bahwa rakyat Indonesia, apalagi generasi mudanya itu berhak untuk bisa membandingkan gagasan dari masing-masing calon," kata capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

Di samping itu, Anies menyampaikan bahwa bila tidak menggunakan hak memilih, maka hasil Pemilu 2024 akan ditentukan oleh mereka yang memilih. Peserta yang hadir di Desak Anies diyakini adalah orang-orang yang belum menentukan pilihan atau golput tapi punya kepedulian sama terhadap masalah. Dia menyayangkan bila peserta ini tetap golput pada pencoblosan nanti.

"Sayang sekali bila orang yang memiliki informasi, memiliki kepedulian, memiliki semangat untuk memperjuangkan justru tidak menentukan hasil pemilu. Sementara yang tidak memiliki informasi malah menentukan hasil pemilu," tutur dia.

Anies meminta masyarakat, terutama peserta Desak Anies untuk menentukan pilihan dengan membandingkan ketiga paslon capres-cawapres. Pembandingan bisa dilakukan dengan melihat gagasan masing-masing calon.

"Di antara tiga ini mana yang paling sama dengan anda, peduliin dan kemudian pilih itu," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu. (Medcom/Z-7)

 

Simak juga Ordal, obrolan mendalam di kanal youtube Media Indonesia bertemakan 'Gus Imin Waspada, Gibran Kepeleset, Mahfud Siaga'

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat