visitaaponce.com

Lagi-lagi Kompori Pendukungnya saat Debat, Kedewasaan Gibran Dipertanyakan

Lagi-lagi Kompori Pendukungnya saat Debat, Kedewasaan Gibran Dipertanyakan
Cawapres GIbran Rakabuming Raka(MI/Ramdani)

KEDEWASAAN calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dipertanyakan karena kedapatan lagi-lagi mengompori pendukungnya dalam acara debat cawapres, Jumat (22/12). Aksi Gibran mengompori pendukungnya itu dilakukan lewat gerakan mengayunkan tangan, persis saat debat calon presiden (capres) perdana, 12 Desember lalu.

Setelah debat perdana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selaku penyelenggara sebenarnya sudah mengingatkan Gibran lewat tim kampanye pasangan Prabowo-Gibran saat rapat evaluasi. Dengan aksi berulang itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya bakal menegur Gibran kembali.

"Ya, nanti kita ingatkan lagi. Kita tegur lagi pada evaluasi hasil debat yang kedua ini," ujar Hasyim saat ditemui usai debat cawapres di Jakarta Convention Center.

Baca juga: Timnas AMIN Minta KPU Larang Pertanyaan Jebakan dalam Debat

Pascapenyelenggaraan debat kedua yang dikhususkan untuk cawapres, KPU RI bakal memanggil tim kampanye tiga pasangan calon. Hasyim mengatakan, tiga tim pasti bakal memberikan sejumlah catatan dan evaluasi. Dalam hal ini, KPU akan mendengarkan seluruh masukan dari masing-masing tim kampanye yang nantinya menjadi bahan perbaikan untuk debat berikutnya.

"Termasuk memperingatkan kembali tampilan-tampilan yang boleh dikatakan sudah disepakati untuk tidak dilakukan pada saat debat ini," jelasnya.

Baca juga: Waketum PKB: Pertanyaan-pertanyaan Gibran saat Debat Dangkal

Terkait konsekuensi yang bakal diterima Gibran setelah nanti diberi teguran kedua, Hasyim berharap cawapres itu nantinya bisa berkomitmen untuk tidak mengulanginya.

"Kami menganggap tiap-tiap masing calon orang yang secara politik sudah dewasa, sudah paham tentang apa yang sudah disepakati itu," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat