visitaaponce.com

Sambangi Petani Blora, Ganjar Tawarkan Solusi Pupuk Subsidi

Sambangi Petani Blora, Ganjar Tawarkan Solusi Pupuk Subsidi
Ganjar janji atasi permasalahan pupuk petani(Dok)

CALON presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo melakukan dialog dengan ribuan petani di Desa Kutukan, Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/1). Ganjar dikeluhkan mengenai persoalan pupuk oleh para petani yang ada di sana.

Sebagai petani di Desa Kutukan, Sukartiono mengaku sulit mendapatkan pupuk subsidi di wilayah Blora, karena kuotanya yang dikurangi sekarang ini.

“Berhubung sekarang dikurangi, jadi koutanya dikurangi,” ungkap Sukartiono saat bertemu Ganjar.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menguat Usai Rajin Blusukan ke Rakyat

Merespons itu, Ganjar menyatakan keseriusannya mengatasi masalah pupuk di Indonesia. Ia bilang permasalahan pupuk menjadi salah satu fokus persoalan yang akan menjadi perhatian bersama.

Baca juga : Ganjar Resah Timnya Kerap Alami Intimidasi

“Inilah yang kita mesti menjadi perhatian. Maka mesti punya komitmen sungguh-sungguh di sisi hulu pertanian pupuknya jangan dikurangi,” ungkap Ganjar.

Ganjar berjanji jika menjadi Presiden nantinya pupuk subsidi jumlahnya tidak dikurangi. Tapi ia akan memperbaiki pengelolaan data agar pupuk subsidi bisa tepat sasaran, sehingga bisa menghasilkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

“Maka datanya saja diperbaiki agar penyalurannya tepat sasaran. Sambil mereka diedukasi oleh kawan-kawan penyuluh agar mereka menggunakan pupuk berimbang, kedua pupuk organik sejatinya produksi kita sesuai dengan yang kita harapkan dalam ketahanan dan kedaulatan pangan kita,” ungkap Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar turut berbicara mengenai modernisasi pertanian di Indonesia agar produksinya sesuai dengan target. Menurutnya hal itu sebagai salah satu upaya mensejahterakan para petani.

“Sebenarnya kalo kita ingin produksinya lebih atau produksinya sesuai dengan target dan meningkat maka harus ada modernisasi. Dengan mekanisasi alsintan yang baik, termasuk prodinya dipenuhi sehingga budidaya kita akan makin berkualitas sehingga produktivitas tinggi,” tegas Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengemukakan bilamana hasil produksi dari petani tinggi, maka harga beras akan stabil baik di petani ataupun di masyarakat.

“Kalau tinggi akhirnya suplai kita akan cukup dan harga beras akan tidak seperti sekarang enggak mau turun-turun,” pungkasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat