visitaaponce.com

Ziarah Ke Makam Nani Wartabone, Anies Pejuang yang Penuh Kesederhanaan

Ziarah Ke Makam Nani Wartabone, Anies: Pejuang yang Penuh Kesederhanaan
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam pahlawan nasional, Nani Wartabone di Gorontalo(Dok. Timnas AMIN)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berziarah ke makam pahlawan nasional, Nani Wartabone di Gorontalo. Ia mengenang sosok Nani yang penuh kesederhanaan.

"Sosok yang amat sederhana, setelah menjadi pemimpin di masa revolusi, pemimpin pemerintahan Gorontalo setelah kemerdekaan dan di akhir hidup beliau sebagai seorang petani sederhana di desa," ujar Anies di lokasi, Senin, 8 Januari 2024.

Kedatangan Anies disambut pihak keluarga yakni Arisman Wartabone yang merupakan Cucu dari Nani Wartabone. Anies turut mendoakan kegigihan Nani menular ke generasi penerus bangsa.

Baca juga : Anies Kenang Pesan Ayahanda supaya tidak Khawatir Omongan Orang Lain

"Insyaallah akan lebih banyak lagi pejuang-pejuang seperti Pak Nani di Gorontalo.(Saat ziarah melihat juga) Foto-foto cerita sejarah (Nani Wartabone) piagam-piagam artefak peninggalan itu tanda lahir besar dimakamkan pejuang untuk menjaga kemerdekaan kita," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai Nani adalah pejuang yang pemikirannya melampaui zaman. Ia sudah memproklamirkan kemerdekaan jauh sebelum proklamasi Indonesia.

Sosoknya, kata Anies, juga konsisten memperjuangkan persatuan. Menentang segala bentuk perpecahan dan gerakan yang memecah persatuan bangsa.

“Beliau pribadi yang penuh kesederhanaan pemimpin yang lahir dari proses panjang, Sejak remaja ia merintis perjuangan dengan mendirikan Jong Gorontalo,” ucap Anies. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat