visitaaponce.com

Siapa Moderator Debat Cawapres Berikutnya

Siapa Moderator Debat Cawapres Berikutnya?
Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD di debat cawapres, Jumat, 22 Desember 2023.(MI/AFP )

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menunjuk dua perempuan sebagai moderator debat khusus calon wakil presiden (cawapres) kedua pada Minggu (21/1) mendatang. Keduanya adalah presenter berita Metro TV Zilvia Iskandar dan presenter berita SCTV Retno Pinasti.

Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan Zilvia dan Retno bakal memoderatori debat dengan tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. Mellaz menjelaskan, tidak ada alasan khusus dalam penunjukkan dua moderator perempuan untuk debat kali ini.

"Kalau ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara. Yang jelas, media penyelenggara tentu saling berupaya untuk mengajukan figur-figur yang sangat kompeten, menguasai terkait pelaksanaan debat," jelas Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1).

Baca juga: KPK Tidak Percaya Kabar Harun Masiku Meninggal

Selain Metro TV dan SCTV, televisi penyelenggara lain dalam debat edisi keempat Pilpres 2024 adalah Indosiar. Berkaca dari pengalaman tiga debat sebelumnya, KPU RI selalu menunjuk presenter berita laki-laki dan perempuan sebagai moderator.

Pada debat pertama misalnya, moderator yang ditunjuk KPU RI adalah Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya dari TVRI. Debat selanjutnya, giliran Liviana Cherlisa dari Kompas TV dan Alfito Deannova dari Detik.com yang menjadi moderator. Adapun moderator pada debat ketiga adalah Anisha dasuki dan Ariyo Ardi dari MNC Group.

Baca juga: Format Debat tidak Berubah, Timnas Amin: Tidak Masalah

Nantinya, Zilvia dan Retno bakal memoderatori debat yang diikuti oleh tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. KPU RI kembali memilih Jakarta Convention Center (JCC) sebagai lokasi debat kali ini, tempat yang juga digunakan pada debat edisi kedua. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat