visitaaponce.com

Timnas Amin Disarankan Lapor ke Bawaslu Soal Politisi Bansos

Timnas Amin Disarankan Lapor ke Bawaslu Soal Politisi Bansos
Presiden Joko Widodo memberikan bantuan langsung tunai kepada pedagang.(Antara)

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti menyarankan agar Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) segera melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) soal politisasi bantuan sosial (bansos) untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Itu langkah yang tepat. Hal yang seperti ini tidak boleh dilakukan berlarut-larut karena dapat menciptakan ketidakadilan pemilu,” ujar Ray kepada Media Indonesia, Jumat (19/1).

Sekalipun membawa kasus politisasi bansos ke Bawaslu tidak akan menyelesaikan masalah, menurutnya itu tetap perlu dilakukan sebagai upaya mencari keadilan. Ray sendiri pesimistis itu akan ditindak mengingat kualitas Bawaslu yang sekarang jauh dari harapan, lamban dan serba takut.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud Dukung Timnas AMIN Pidanakan Dugaan Politisasi Bansos

“Tapi setidaknya laporan ini nanti dapat dicatatkan di Bawaslu. Saya sendiri menyarankan agar satu minggu sebelum hari pemilu, pembagian bansos dijedakan,” tandasnya.

Sebelumnya, juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, mengaku pihaknya mendukung penuh langkah Timnas Amin yang siap memerkarakan dugaan politisasi bantuan sosial (bansos) untuk memenangkan pasangan calon tertentu.

Baca juga: Ketidaknetralan Bukti Ketidakmampuan dan Takuk Kalah

Chico menegaskan bansos berasal dari APBN dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik pasangan calon tertentu.

“Dugaan penyalahgunaan bansos sebagai alat kampanye paslon 2 sangatlah berdasar. Kita bisa lihat bahwa di daerah-daerah banyak sekali semacam indikasi-indikasi adanya titipan-titipan pesanan dari petugas yang membagikan bansos,” jelas Chico. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat