visitaaponce.com

Retno Pinasti, Jurnalis Senior Moderator Debat Cawapres Pilpres 2024

Retno Pinasti, Jurnalis Senior Moderator Debat Cawapres Pilpres 2024
Jurnalis SCTV, Retno Pinasti, yang akan jadi moderator debat cawapres, pada 21 Januari 2024.(Dok. Youtube Metro TV)

DUA jurnalis senior, Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV, telah diumumkan sebagai moderator debat cawapres atau debat keempat Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Keputusan ini memperkenalkan pemilihan komposisi dua moderator perempuan untuk pertama kalinya, menggantikan format laki-laki dan perempuan yang biasa terjadi pada debat-debat sebelumnya.

Retno Pinasti, lahir pada 10 Januari 1976, memiliki pengalaman panjang dalam dunia jurnalistik sejak tahun 1997, dimulai dari TVRI, Trans TV, hingga SCTV. Ia juga memiliki pengalaman internasional sebagai reporter dan Dewan Gubernur Penyiaran Departemen Luar Negeri AS di Voice of America (VoA). Pendidikannya mencakup studi di Goldsmith College, Universitas London, Inggris, dengan jurusan Jurnalisme TV pada tahun 2002 melalui British Chevening Scholarship.

Setelah kembali ke Indonesia pada 2011, Retno bergabung kembali dengan SCTV dan menduduki berbagai jabatan, termasuk sebagai Koordinator Bakat, Penyiar, Produser Senior, dan Walik Pemimpin Redaksi di PT Surya Citra Media, Tbk pada 2018–2022. Sejak 2022, ia juga menjadi Pemimpin Redaksi di SCTV dan PT Indosiar Visual Mandiri. Rekam jejaknya yang kuat dan pengalaman sebagai moderator debat Pilpres pada tahun 2019 membuatnya dipilih oleh KPU sebagai moderator debat keempat Pilpres 2024.

Baca juga : Profil dan Perjalanan Karier Jurnalis Metro TV Zilvia Iskandar, Moderator Debat Cawapres Kedua

Retno Pinasti memulai karirnya sebagai jurnalis di TVRI pada tahun 1997, dan setelah empat tahun di TVRI, ia pindah ke Trans TV sebelum kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas London. Selain itu, ia bekerja sebagai jurnalis di Voice of America (VOA) di Washington DC, Amerika Serikat, sebelum kembali ke SCTV pada tahun 2011.

Di tengah perjalanan kariernya, Retno juga pernah menjadi wakil pimpinan redaksi di PT Surya Citra Media Tbk dan menjabat sebagai special assistant to chairman di PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) sejak 2016.

Dalam debat Pilpres keempat yang akan diselenggarakan pada 21 Januari 2024, Retno akan bergabung dengan Zilvia Iskandar dari Metro TV sebagai moderator. Dua jurnalis perempuan ini akan memandu debat cawapres dengan fokus pada isu-isu seperti pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. Keputusan KPU untuk memilih dua moderator perempuan ini menjadi sorotan menarik dalam dunia penyelenggaraan debat Pilpres.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat