visitaaponce.com

Mendagri jadi Plt Menkopolhukam, Cak Imin Ingatkan soal Sikap Negarawan

Mendagri jadi Plt Menkopolhukam, Cak Imin Ingatkan soal Sikap Negarawan
Cawapres Muhaimin Iskandar(MI/Susanto)

CALON Wakil Presiden Nomor Urut 1 Muhaimin Iskandar mengharapkan sikap negarawan dari para pemimpin di pemerintahan. 

Hal itu ia sampaikan merespons keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

“Kewenangan presiden (mengangkat menteri) kita tidak bisa apa-apa. Kita menitipkan pada Pak Tito, bangsa ini menunggu negarawan, menunggu pemimpin pemerintahan yang negarawan,” ujar Muhaimin seusai menghadiri acara dukungan alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ) dan Institute Ilmu Al-Qur’an di Kantor Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Matraman, Jakarta Pusat, Minggu (4/2).

Baca juga : Pengamat Sebut Tito Karnavian Sulit Netral pada Pemilu 2024

Seperti diberitakan, Menkopolhukam Mahfud MD menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya untuk menghindari konflik kepentingan setelah ia maju sebagai calon wakil presiden bersama Ganjar Pranowo. 

Posisi Menkopolhukam dianggap penting apalagi menjelang hari pemungutan suara pemilihan umum 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024. Cak Imin mengingatkan agar semua proses pemilu berjalan adil meskipun ada pergantian Menkopolhukam.

“Jangan sampai kita dikecewakan dengan cara kerja politik yang menghancurkan kita semua,” ucap Muhaimin.

Baca juga : Ini Alasan Jokowi Tunjuk Tito Karnavian sebagai Plt Menko Polhukam

Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam. Keppres itu ditandatangani Jumat, 2 Februari 2024. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat