visitaaponce.com

Komnas HAM Desak Polri Tangkap Pelaku Intimidasi di Universitas Trilogi

Komnas HAM Desak Polri Tangkap Pelaku Intimidasi di Universitas Trilogi
Ilustrasi intimidasi(Freepik.com)

KOMISIONER Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Pramono Ubaid Tanthowi mengutuk keras upaya intimidasi dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh sejumlah orang tidak dikenal terhadap mahasiswa di Balai Warga Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta Selatan. 

Polri diminta segera memproses hukum pelaku intimidasi dan mencari dalang tindakan kekerasan tersebut.

"Komnas HAM meminta kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa siapapun yang melanggar hak-hak kebebasan sipil harus ditindak sesuai hukum yang berlaku," kata Pramono saat dihubungi, Senin (5/2).

Baca juga : Anggota DPR Habiburokhman: Tak Boleh Ada Kekerasan pada Warga Negara

Peristiwa intimidasi tersebut bermula dari kegiatan konsolidasi bertajuk gerakan Tolak Pemilu Curang yang digelar Mahasiswa Universitas Trilogi pada Sabtu (3/2). Kegiatan itu tiba-tiba didatangi segerombolan orang tidak dikenal.

Tanpa menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya, mereka memaksa mahasiswa keluar dari ruangan. Bukan hanya diskusi diintimidasi, rencana demonstrasi mahasiswa Trilogi juga diancam hendak dibubarkan. Bahkan, ada satu mahasiswa yang mengalami kekerasan akibat ditanduk di bagian kepalanya.

Pramono menyampaikan, kegiatan diskusi mahasiswa adalah bagian dari hak atas kebebasan berpendapat serta hak atas kebebasan berkumpul yang harus dihormati dan dilindungi oleh siapapun.

Baca juga : Megawati Soekarnoputri: Hei Polisi, Jangan Intimidasi Rakyatku!

"Sepanjang itu bukan diskusi untuk membahas rencana kejahatan atau hal-hal yang dilarang oleh Undang-undang," kata Pramono. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat