visitaaponce.com

Romo Franz Magnis Suseno Demokrasi Indonesia sudah di Ujung Tanduk

Romo Franz Magnis Suseno: Demokrasi Indonesia sudah di Ujung Tanduk
Romo Frans Magnis Suseno(MI)

Ahli filsafat moral Franz Magnis-Suseno melihat situasi demokrasi di Indonesia sedang mengalami masalah serius. Bahkan, menurutnya, itu sudah di ujung tanduk. Hal tersebut tergambar dari sikap Presiden Joko Widodo yang sudah tidak malu-malu dalam upaya melanggengkan kekuasaan dan mengutamakan kepentingan pribadi.

"Saya merasa situasi serius bagi Indonesia. Saya merasa ada kemungkinan masa demokrasi, masa reformasi akan berakhir. Itu tidak karena Prabowo Subianto, tetapi karena Preaiden Jokowi dalam lima tahun terkahir mengambil sikap-sikap yang mencemaskan," kata Romo Magnis dalam acara diskusi bertajuk Mencegah Pemimpin Terburuk, Selasa (6/2).

Romo Magnis mengatakan Jokowi sudah tidak malu menodai nilai-nilai demokrasi di Pilpres 2024. Salah satu yang disorot adalah majunya putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden melalui cara-cara yang dianggap melanggar etika.

Baca juga : Presiden Jokowi Dianggap Abai dalam Kasus Pelanggaran HAM

"Akhirnya kelihatan bahwa begitu terbuka, tanpa merasa malu, memajukan kepentingan anaknya sendiri yang masih kelihatan hijau. Ya, mungkin baik tapi saya tidak tahu, saya tidak punya masalah pribadi. Dengan memanipulasi Mahkamah Konstitusi, sebuah manipulasi yang menurut Majelis Kehormatan MK dinyatakan pelanggaran etika yang berat," kata Romo.

Maka itu, dia meminta masyarakat Indonesia tidak memilih calon pemimpin masa depan yang bakal merusak demokrasi nantinya.

"Apakah kita mau meyerahkan nasib bangsa Indonesia di tangan orang yang membuang etika. Yang membedakan manusia dari binatang adalah etika. Itu perlu dipikirkan matang-matang. Itu mengapa saya menganggap situasi sekarang serius," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat