visitaaponce.com

Hujan Deras Berpotensi Terjadi, Hati-Hati Logistik Pemilu Rusak

Hujan Deras Berpotensi Terjadi, Hati-Hati Logistik Pemilu Rusak
Petugas Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) mengecek saat setting packing logistik Pemilu 2024 di GOR Cempaka Pitih, Jakarta.(MI/Usman Iskandar)

TINGGINYA curah hujan saat mendekati hari pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, membuat penyelenggara pemilu harus bekerja lebih ekstra untuk mengamankan seluruh peralatan yang akan digunakan untuk pemungutan suara, termasuk surat suara.

"Ini kita tekankan kepada penyelenggara pemilu, sekarang sedang musim hujan terkait penyimpanan logistik harus benar benar diperhatikan dan dipastikan agar aman dari banjir dan kebocoran akibat hujan deras yang bisa merusak kertas suara, kotak suara dan lain sebagainya," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa dalam keterangan resmi, Kamis (8/2).

Lebih lanjut, Saan mengapresiasi penyelenggara pemilu di Karawang yang telah berhasil menyediakan tempat penyimpanan yang diklaim aman dari banjir dan kebocoran tersebut.

Baca juga : Pos Indonesia Distribusikan Surat Suara Pemilu ke 2.400 Kecamatan

"Disampaikan tadi oleh KPU, tempat yang digunakan di Karawang untuk menyimpan logistik pemilu ini sudah diantisipasi dan aman,” pungkasnya ujar.

Legislator Dapil Jabar VII Fraksi NasDem itu juga mengimbau dalam pendistribusian ke lokasi TPS penyelenggara pemilu juga harus memastikan seluruh alat yang digunakan bisa aman dan selamat. Ketika dalam perjalanan, jangan sampai di saat perjalanan jauh musim hujan, banjir atau lain sebagainya juga harus diantisipasi.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada 13-15 Februari 2024 atau bertepatan dengan periode pemungutan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu 2024 akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah daerah.

Baca juga : 14.291 Warga Binaan Lapas dan Rutan di Jakarta Ikut Pemungutan Suara pada Pemilu 2024

Ada sebanyak 25 daerah yang berpotensi mengalami hujan intensitas tinggi pada 13-15 Februari 2024. 

BMKG berharap panitia penyelenggara pemilu atau pihak terkait lainnya bisa menyiapkan sarana prasarana yang representatif sehingga suasana pemungutan suara kondusif atas adanya informasi ini. (Z-1)

Baca juga : Siap-Siap, Dalam Waktu Dekat Warga Dapat Undangan Memilih dari KPU

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat