visitaaponce.com

Fahri Bachmid Dinilai Sosok Tepat Gantikan Yusril Ihza Mahendra

Fahri Bachmid Dinilai Sosok Tepat Gantikan Yusril Ihza Mahendra
Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PBB Novi Hariyadi.(DOK PBB)

KEPUTUSAN Yusril Ihza Mahendra untuk mundur dari Ketua Umum PBB cukup mengagetkan. Apalagi dia selama ini melekat dengan Partai Bulan Bintang (PBB). Beberapa pengamat politik menilai, pengunduran diri ini terkait erat dengan posisi baru yang akan diterima Yusril di kabinet Prabowo-Gibran. 

Menurut Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PBB Novi Hariyadi, alasan Yusril mundur dari PBB adalah agar adanya regenerasi kepemimpinan dalam tubuh partai. Yusril seperti diketahui sudah lama memimpin PBB.

Menurutnya, sebagai partai terbuka adanya pergantian jabatan dalam tubuh PBB adalah hal yang biasa. 

Baca juga : Mardiono Ingin Berikan yang Terbaik Bagi Rakyat Soal Capres-Cawapres

“Pergantian pimpinan dalam sebuah parpol adalah hal yang dinamis dan biasa, tentunya agar terjadi perubahan yang positif dan mampu mencapai target-target yang diinginkan partai,” ujar Novi dalam keterangan yang diterima pada Kamis (23/5).

Adapun PBB saat ini dipimpin Fahri Bachmid selaku Pj Ketua Umum. Keputusan itu dihasilkan dalam Musyawarah Dewan Partai (MDP) PBB yang digelar di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB, Jakarta, Kamis (18/5) kemarin.

Fahri terpilih menjadi Pj setelah meraup suara terbanyak melalui pemungutan suara (voting) dari para jajaran pimpinan pusat dan daerah serta badan khusus dan badan otonom dalam MDP Partai Bulan Bintang yang berjumlah 49 orang.

Baca juga : PBB Susun Strategi Hadapi Pilkada

“Dalam pemungutan suara yang dilakukan secara demokratis, dari total hak suara yang berjumlah 49 suara, Fahri memperoleh suara terbanyak yaitu 29 suara, kemudian kandidat lainnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor memperoleh 20 suara,” ungkap Novi.

Novi meyakini  kepiawaian Fahri sebagai Pj Ketua Umum PBB nantinya bisa membawa warna dan energi baru untuk kemajuan partai. “Serta dapat membantu mengantarkan kader-kader terbaik PBB berada di pemerintahan Prabowo-Gibran,” ungkapnya.

"Saya mengenal baik beliau (Fahri Bachmid), beliau  menurut Saya sangat mumpuni untuk mengemban amanah ini (Pj Ketua Umum PBB).

Baca juga : 50 Tokoh Surati Ketum Parpol Pengusung 01 dan 03, Peneliti BRIN: Hak Angket Perlu Segera Ditindaklanjuti

Kepiawaian Fahri, lanjut Novi, terutama di bidang hukum Tata Negara. "Bahkan menurut Yusril, kepiawaian Fahri Bachmid dari segi hukum tata negara sudah hampir setara dengannya," ujar Novi.

Maka dari itu menurutnya pergantian nakhoda di partai yang berlogo bulan dan bintang kepada Fahri dirasa sudah tepat, alasannya kapasitas Yusril bisa diteruskan oleh Fahri.

Fahri sendiri mengaku siap mengemban amanah menjadi Pj Ketua Umum PBB menggantikan Yusril. 

“Saya akan melaksanakan perintah dan keputusan konstitusional Musyawarah Dewan Partai (MDP), sebagai instansi tertinggi Partai PBB di bawah muktamar, yang beberapa tugas serta kewenangan fundamental organisatoris sebagai Penjabat Ketua Umum DPP PBB mengantikan Yusril Ihza Mahendra,” kata Fahri. (Z-6)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat