visitaaponce.com

Kohati PB HMI Dekarasi Selamatkan Demokrasi Indonesia di Pemilu 2024

Kohati PB HMI Dekarasi Selamatkan Demokrasi Indonesia di Pemilu 2024
Kohati PB HMI deklaraskan selamatkan demokrasi Indonesia di Pemilu 2024(Dok Kohati)

KORPS HMI Wati (Kohati) PB HMI melakukan aksi Deklarasi Selamatkan Demokrasi Indonesia, Kamis (8/2) agar pemilu 2024 berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku tanpa adanya intervensi dari negara untuk mendukung salah satu calon.

Ketua Kohati PB HMI Sri Meisista, mengatakan saat ini demokrasi di Indonesia sedang di ujung kehancuran dan diperlukan penyelamatan agar demokrasi Indonesia berada di rel yang benar.

“Kita ingin Mendesak negara untuk menjamin hak warga negara dalam menyampaikan aspirasi dan mengutuk segala bentuk tindakan yang menindas kebebasan berekspresi,” kata Mei, di kantor PB HMI di Jakarta.

Baca juga : Masyarakat harus Ikhlas Terima Hasil Pilpres, Siapapun Pemenangnya

Ada enam point yang di sampaikan dalam Deklarasi Selamatkan Indonesia, yakni pertama senantiasa menjaga dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 dalam pelaksanaan pemilu sebagai instrumen demokrasi.

Kedua, mendesak negara untuk menjamin hak warga negara dalam menyampaikan aspirasi dan mengutuk segala bentuk tindakan yang menindas kebebasan berekspresi.

“Ketiga, menuntut negara dan semua aparatnya untuk tetap menjaga stabilitas pemilu yang berintegritas, serta menjamin hak pilih masyarakat yang bebas dari intimidasi,” ujarnya. 

Baca juga : Warga Sumbar Diajak untuk Sukseskan Pemilu 2024

Keempat, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga penyelenggaraan pemilu 2024 agar kondusif, aman, dan bermartabat. Kelima, presiden harus bersikap netral, adil, dan menjadi pemimpin bagi semua kelompok dan golongan, bukan untuk sebagian kelompok.

“Dan terakhir, menuntut semua aparat pemerintahan untuk tidak menyalahgunakan kekuasaan dengan memanfaatkan fasilitas dan sumber daya negara untuk kepentingan politik praktis,” ungkapnya. (Z-8)

Baca juga : Surya Paloh Tegaskan Demokrasi Lebih Penting dari Menang Kalah

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat