visitaaponce.com

IPO Pilpres 2024 akan Berlangsung Dua Putaran, Masih Jauh Satu Putaran

IPO: Pilpres 2024 akan Berlangsung Dua Putaran, Masih Jauh Satu Putaran
Ilustrasi--Warga memasukkan surat suara yang sudah dicoblos ke kotak suara di TPS 31 Rt.02/09 Kreo, Larangan,Kota Tangerang, Banten.(MI/RAMDANI)

DIREKTUR Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah meyakini pemilihan presiden (pillpres) 2024 masih jauh dari kata satu putaran.

Dedi berpegang pada hasil survei terakhir IPO yang rilis bulan lalu menempatkan dukungan bagi paslon capres-cawapres nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 42,3%.

Kemudian disusul paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 34,5% dan posisi ketiga ditempati pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 21,5%.

Baca juga : Ini Kata Kreator Konten Soal Pilpres 2024

“Sejauh ini dalam catatan IPO, Pilpres berpeluang dua putaran, mengingat masih cukup jauh mengejar satu putaran,” kata Dedi kepada wartawan, Rabu (14/2).

Dedi menyebut pasangan Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud masih sama-sama berpeluang masuk ke putaran kedua melawan Prabowo-Gibran.

Menurut Dedi, jika benar-benar terjadi dua putaran, pendukung Prabowo-Gibran bisa terpecah karena melihat suara Prabowo sudah mentok.

Baca juga : Bansos Berstiker Pasangan Capres Cawapres Sama dengan Korupsi

"Termasuk elite yang ada di Prabowo bukan tidak mungkin terpecah karena posisi Prabowo yang sudah maksimum dalam hal elektabilitas," ujarnya.

Di sisi lain, Dedi melihat peluang Anies menang di putaran kedua melawan Prabowo sangat terbuka melihat tren elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu meningkat cukup signifikan.

“Anies dipastikan semakin termotivasi untuk menang. Anies berpeluang menang pada putaran kedua,” ujarnya.

Baca juga : Mengukur Dampak Keterlibatan Erick Thohir 

Kendati begitu, Dedi tidak menutup mata bahwa Ganjar juga bisa memberikan kejutan dengan lolos putaran kedua untuk melawan Prabowo.

Sebelumnya, Survei IPO terakhir dilakukan sejak 1 Januari hingga 7 Januari 2024. 

Jumlah responden diketahui mencapai 1.200 orang dengan kriteria telah memiliki hak pilih atau berusia di atas 17 tahun.

Baca juga : Demam Pemilu, Di Photomatics, Anda Bisa Foto Bareng Capres dan Cawapres

Metode survei menggunakan multistage random sampling dan pembagian kuesioner secara langsung. Margin of error sekitar 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat