visitaaponce.com

Bansos Berstiker Pasangan Capres Cawapres Sama dengan Korupsi

Bansos Berstiker Pasangan Capres Cawapres Sama dengan Korupsi
Ilustrasi.(Freepik.)

PEMBAGIAN bantuan sosial (bansos) yang menampilkan stiker pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 2 dinilai Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo (TPN GP) merupakan bentuk koruptif bahkan penyelewengan kekuasaan dan anggaran negara. Pernyataan ini disampaikan juru bicara TPN GP Chico Hakim saat dihubungi, Sabtu (27/1).

"Betul, termasuk penyelewengan kekuasaan dan anggaran negara. Bisa dikatakan korupsi," ujarnya.

Praktik curang tersebut, menurutnya, harus diawasi secara ketat oleh Bawaslu, termasuk tim pendukung para paslon. Dari TPN GP, sambungnya, telah memerintahkan para relawan, caleg, juga partai koalisi dari berbagai tingkatan untuk ikut mengawasi dan melaporkannya kepada tim.

Baca juga: Koordinasi ke Kemensos, Bawaslu Telusuri Bansos Berstiker Prabowo-Gibran

"Kami memerintahkan jajaran di TPN dan TPD sampai tingkat yang paling bawah dan relawan kami juga caleg dari partai pendukung untuk melakukan pelaporan jika menemukan hal seperti itu. Kami berharap pemilu ini bersih, jujur, dan adil serta mengimbau semua elemen di masyarakat caleg maupun pejabat pemerintah untuk menjaga pemilu ini menjadi pemilu yang bersih, jujur, dan adil menjaga demokrasi kita bersama," ujarnya.

Maraknya bantuan sosial yang bergambar paslon tertentu sudah selayaknya ditindaklanjuti dengan tegas. Apalagi kalau bantuan sosial yang dimaksud dari negara yang disalurkan ke daerah-daerah dan ditempel stiker paslon tertentu.

Baca juga: KPK Ingatkan Konflik Kepentingan Embrio Korupsi dalam Bansos Berlogo Calon

"Ini tentu suatu pelanggaran. Namun bila bukan dari bantuan negara bansos atau bantuan sembako, juga perlu ditulis lagi apakah itu bantuan dengan nilai sesuai yang ada maksimal dalam undang-undang pemilu aturan yang berlaku atau melebihi. Dan ini juga bisa menjadi pelanggaran," ungkapnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat