visitaaponce.com

Perjuangan Demokrasi Masih Harus Dilanjutkan

Perjuangan Demokrasi Masih Harus Dilanjutkan
Ilustrasi(MI/ Duta)

PENGAMAT komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan bahwa perjuangan untuk menjaga muruah demokrasi harus terus dilanjutkan. Baik aktivis, akademisi maupun politisi harus menjaga demokrasi yang sehat.

Menurutnya, bila hasil pilpres telah diputuskan KPU, politisi atau parpol yang kalah harusnya berada di barisan oposisi. Hal itu untuk mengimbangi kekuatan eksekutif sehingga tidak terjadi kesewenang-wenangan dari pihak yang berkuasa.

"Perjuangan demokrasi itu harus dilanjutkan. Makanya setelah ini yang kalah pilpres bila sudah diputuskan KPU seharusnya menjadi oposisi mengawal yang berkuasa sehingga demokrasi kita sehat. Jangan macam kemarin oposisinya cuma dikit jadi lemah," ujarnya kepada Media Indonesia, Kamis (15/2).

Baca juga : KPU Klaim Jaga Independensi dan Netralitas 

Hendri menegaskan bahwa pihak oposisi harus kuat. Oposisi bersama aktivis, dan akademisi bisa menjadi kekuatan penyeimbang eksekutif.

Dia juga menyoroti berbagai isu kecurangan yang terjadi selama pemilu. Menurutnya hal itu tidak terlepas dari lemahnya oposisi di legislatif. Bahkan, aktivis dan akademisi harus berjuang mengawal pemerintahan yang sebenarnya merupakan tugas dari legislatif.

"Harusnya oposisi juga kuat sehingga demokrasi bisa terjaga lancar. Jadi itulah mudah-mudahan para pejuang demokrasi yang aktivis tetap menjunjung marwah demokrasi, sementara yang dari partai juga mengedepankan demokrasi yang sehat caranya yang kalah oposisi," kata dia. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat