visitaaponce.com

Sinar Mas Land Kembangkan Budaya Literasi Siswa, Akademisi, Masyarakat Tangsel

Sinar Mas Land Kembangkan Budaya Literasi Siswa, Akademisi, Masyarakat Tangsel
Sinar Mas Land menggelar serangkaian kegiatan edukatif melalui program Pengembangan Budaya Literasi bertema Learning for a Better Future.(Dok Sinar Mas Land)

PENDIDIKAN merupakan salah satu faktor penting untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas sehingga mampu mendorong inovasi, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan kesejahteraan bangsa. Data Rapor Pendidikan 2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menunjukkan bahwa setiap jenjang pendidikan dari SD hingga SMA indeks kompetensi minimum literasinya tidak ada yang melampaui 70%. Sementara skor Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Indonesia berdasarkan laporan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 2023 hanya sebesar 69,42%.

Untuk terus meningkatkan budaya literasi di Indonesia sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional, Sinar Mas Land menyelenggarakan serangkaian kegiatan edukatif melalui program Pengembangan Budaya Literasi dengan tema Learning for a Better Future. Program pelatihan ini diberikan kepada siswa-siswi pendidikan anak setingkat PAUD (PSAP) Do & Learn, para pelajar, mahasiswa, hingga akademisi, dan masyarakat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Kamis (2/4). 

Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dony Martadisata, mengatakan program pengembangan budaya literasi bagi pelajar hingga masyarakat binaan di sekitar wilayah operasional perusahaan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Sinar Mas Land untuk meningkatkan keterampilan dan literasi, guna mendukung kemajuan pendidikan nasional. "Dengan program ini, kami berharap dapat mencetak lebih banyak SDM lokal yang memiliki indeks literasi tinggi dan berkualitas."

Kegiatan Pengembangan Budaya Literasi dimeriahkan dengan beragam agenda mulai dari life skill cooking class yang dipandu oleh Chef Een, tutor tata boga khusus anak usia dini, dan diikuti 35 pasangan peserta dari ibu dan anak PASP Do & Learn. Ada pula workshop lifelong learning secara daring yang dipandu oleh Uswatun Chasanah, dosen Praktik Kemendikbudristek dan diikuti 98 peserta terdiri siswa pelajar, mahasiswa, serta tenaga didik. Sementara sharing session mengenai Peran Masyarakat dalam Perkembangan Pendidikan diikuti 140 anggota keluarga di wilayah Kelurahan Cilenggang, Tangerang Selatan.

Selain Pengembangan Budaya Literasi, Sinar Mas Land juga memiliki sejumlah program CSR di bidang pendidikan dan literasi lain seperti program Sekolah Berhati (Berkarakter Hijau, Sehat, dan Inovatif) sejalan dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia. Ada pula Program Bina Sekolah dan Bina Literasi yang diimplementasikan melalui sederet aktivitas seperti peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan pendidikan, bantuan sekolah, peningkatan kapasitas siswa melalui kelas kewirausahaan sosial dan multimedia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta pendampingan program pendidikan secara berkala di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat