visitaaponce.com

Bukan Kampus, Universitas Stanford Hanya akan Bangun Pusat Riset di IKN

Bukan Kampus, Universitas Stanford Hanya akan Bangun Pusat Riset di IKN
KEPALA Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, di Istana Negara, 13 Maret 2024.(Dok. MI)

KEPALA Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono meluruskan soal isu pembangunan kampus Universitas Stanford di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur. Ia menegaskan bukan kampus yang akan dibangun, melainkan pusat riset (research center).

"Intinya adalah kita ingin membangun pusat riset dulu karena kalau mau membangun universitas butuh banyak hal ya. Jadi kita mulai dari riset," ujarnya

seusai hadir dalam rapat terbatas tertutup mengenai IKN yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3). Dalam rapat itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono turut hadir.

Baca juga : Brunei Darussalam akan Investasi Sektor Hunian di IKN

Pembahasan kerja sama Universitas Stanford dengan pemerintah, ungkap Bambang, sudah dilakukan beberapa bulan terakhir. Pada September 2023, saat dekan dari universitas tersebut datang ke Indonesia dan saat kunjungan Presiden Jokowi di Stanford di California, Amerika Serikat tahun lalu. Menurut pengakuan Bambang, pembangunan gedung pusat riset akan dibiayai oleh para alumni.

"Jadi nanti insyallah yang akan membangun fisik gedungnya itu alumni Stanford. Kemudian, segera setalah gedungnya itu jadi dan tidak hanya Stanford yg akan membangun ada beberapa universitas lain yang akan membangun juga," ungkapnya.

Saat ini, ujar Bambang, di IKN hanya akan fokus pada pusat riset. Sedangkan untuk pembangunan universitas akan dilakukan pada masa mendatang.

"Kita akan fokus riset center walaupun ada beberapa universitas yg akan membangun universitas nanti pada waktunya kita siap," tukasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat