visitaaponce.com

Panglima TNI Harap Kasus Penyanderaan Pilot Susi Air Cepat Selesai

Panglima TNI Harap Kasus Penyanderaan Pilot Susi Air Cepat Selesai
PANGLIMA TNI Jenderal Agus Subiyanto.(Dok. Medcom)

PANGLIMA TNI Jenderal Agus Subiyanto berharap kasus penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens segera selesai. Pasalnya, penyanderaan oleh KKB Papua itu telah terjadi sejak Februari 2023.

"Ya itu (kita) terus koordinasi ya, kalo bagus secepatnya diselesaikan (kasus ini)," kata Agus di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2024.

Agus mengatakan TNI-Polri menangani kasus penyanderaan pilot berkebangsaan Selandia Baru ini menggunakan soft power. Pemerintah juga disebut menggandeng Penjabat Bupati Nduga dan warga untuk dialog dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang menyandra Philip.

Baca juga : TPNPB-OPM Papua Siap Ladeni Ancaman Wapres dan Panglima TNI

Eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini tidak mempermasalahkan KKB itu ingin koordinasi ke pihak New Zealand atau Indonesia. Yang terpenting warga asing tersebut bisa bebas dengan selamat.

"Ya kan mereka dari pihak (KKB) itu apakah mau ke pihak kita atau mau langsung ke piha New Zealand sendiri, kalau kita sih intinya kemana saja silakan," ungkap jenderal TNI bintang empat itu.

Sebelumnya, Duta Besar Selandia Baru, Kevin Jeffry Burnet bertemu Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, yang didampingi Kepala Operasi Damai Cartenz-2024 Kombes Faizal Ramadhani bersama Pejabat Utama Polda Papua dan Pejabat Utama Ops Damai Cartenz-2024. Pertemuan itu membahas pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Merhtens yang disandera KKB Papua.

Baca juga : Masih Disandera KKB Papua, Tim Negosiasi Dibutuhkan untuk Membebaskan Pilot Susi Air

Pilot Susi Air disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya pada 7 Februari 2023. Philip disandera kelompok separatis itu saat mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Philip ditawan, sedangkan pesawatnya dibakar. Motif penyanderaan orang asing ini untuk Papua Merdeka.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat