visitaaponce.com

Besok, Menkominfo Lapor ke Presiden Jokowi Kasus Penyerangan PDNS

Besok, Menkominfo Lapor ke Presiden Jokowi Kasus Penyerangan PDNS
Menkominfo Budi Arie Setiadi(MI/Susanto)

MENTERI Komunikasi dan Informatik (Menkominfo) Budi Arie Setiadi akan melaporkan kasus penyerangan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) ke Presiden Joko Widodo. Hal ini disampaikan dalam rapat terbatas (ratas) pada Jumat, 28 Juni 2024.

"Besok ratas (akan dilaporkan ke Presiden)," ujar Budi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Budi enggan membeberkan apa saja yang akan dilaporkan ke Presiden Jokowi. Ia juga belum mengetahui pihak yang akan dilibatkan dalam ratas.

Baca juga : Muncul Petisi Mundur dari Kursi Menteri, Menkominfo Budi Arie: Ah Biar Aja

"Belum tahu nanti saya cek," jelasnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR menggelar rapat kerja bersama Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengenai penyerangan virus ransomware di PDNS. Dalam kesempatan itu, Budi Arie mengakui, pertahanan siber di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara lain.

"Keamanan siber kita masih perlu peningkatan yang lebih," kata Budi.

Rendahnya kualitas keamanan siber Indonesia terlihat dari indeks pertahanan siber di tahun 2022-2023. Hasilnya, dari 20 negara yang masuk ke dalam studi, Indonesia menempati ranking 20.

"Kalau kita bisa lihat, Australia, Netherlands, Korsel, AS, Kanada, dan berikutnya (di atas), kita masuk dalam terbawah dengan Mexico, Brasil, India, Turki, dan Indonesia," jelasnya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat