visitaaponce.com

Hasyim Asyari sudah Berkali-kali Diingatkan untuk Jaga Citra KPU

Hasyim Asy'ari sudah Berkali-kali Diingatkan untuk Jaga Citra KPU
Mantan Ketua KPU Hasyim Asy'ari(MI/Usman Iskandar)

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengaku Komisi II sudah terlalu sering memberikan masukan kepada Hasyim Asy’ari saat masih menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Hasyim diminta menjaga lembaganya tetap kredibel di mata publik.

Namun, nyatanya, masukan-masukan itu tidak diindahkan dan Hasyim akhirnya dari jabatan Ketua KPU karena terbukti melakukan Tindakan asusila. Hasyim terbukti melakukan perbuatana keji itu dan dikenai sanksi pemberhentian berdasarkan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) .

“Sebenarnya khusus kepada saudara Hasyim ini kita beberapa kali juga memberikan masukan supaya menjaga lembaga ini. Sikap sebagai ketua lembaga itu sangat penting dan strategis,” ujar Doli di Jakarta, Kamis (4/7).

Baca juga : DKPP Soroti Relasi Kuasa Antara Hubungan Hasyim dan CAT

“Apalagi kita tentu membutuhkan lembaga ini tetap memiliki kredibilitas yang baik di mata publik karena dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah,” tambahnya.

Doli juga merasa prihatin mendengar putusan DKPP yang memecat Hasyim dari jabatan Ketua KPU RI. Sebagai negara hukum, pihaknya harus menghormati putusan dari institusi DKPP yang memang diberikan tugas sesuai dengan UU sebagai lembaga yang mengawasi tindak perilaku terutama etik bagi penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu.

Doli mengatakan saat ini Komisi II tengah menunggu surat keputusan presiden terkait dengan putusan DKPP. Doli meminta komisioner KPU yang tersisa segera melaksanakan pleno untuk melakukan pemilihan penjabat ketua atau pelaksana tugas ketua sampai nanti ditetapkan ketua definitif yang baru.

“Setelah nanti ditetapkan anggota yang baru, anggota KPU yang baru dan nanti akan kita proses di DPR di Komisi II,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat