visitaaponce.com

Empat Hikmah Besar Di Balik Wabah Covid-19

Empat Hikmah Besar Di Balik Wabah Covid-19
Das'at Latif menyebutkan ada empat hikmah besar adanya wabah covid-19 bagi umat Islam.(MI/Lina Herlina )

KASUS virus korona baru atau covid-19 di Indonesia masih terus bertambah.  Hingga Sabtu (25/4), Kementerian Kesehatan mencatat 8.211 orang yang positif korona di Indonesia. Dan 5,1 persennya atau sebanyak 420 kasus ada di Sulawesi Selatan. Dai asal Sulawesi Selatan Das'at Latif mengatakan, segala sesuatu itu ada hikmahnya. Termasuk wabah korona. Menurutnya ada empat hikmah tentang virus korona ini.

Yaitu, menghadirkan kedekatan yang lebih baik dengan keluarga, menjadi  peduli akan kesehatan dan lingkungan, kualitas air dan udara membaik, serta peduli dan saling membantu antarsesama.

"Ramadan 1441 Hijriyah kali ini bertepatan dengan wabah korona yang terjadi di negara ini. Semoga ibadah puasa kita meningkat tahun ini. Tidak hanya meningkat kualitas spiritualnya, tapi yang lebih penting  membentuk pribadi sosial yang handal," kata Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin ini, Sabtu (25/4).

Ia juga menegaskan wabah korona atau covid-19, tidak boleh menjadi alasan mengendorkan keimanan beribadah karena Ramadan adalah bulan kemenangan.

baca juga: Tokoh Agama: Spirit PSBB sesuai dengan Syariat Islam

"Fisik boleh terpenjarakan, badan boleh terisolasi, tapi keimanan kita  harus semakin meningkat dengan catatan, ibadah kita di rumah saja," tegasnya.

Sebelum menutup pesannya, Doktor Syariah Hukum Islam ini mengutip Al Quran surah Al Baqarah ayat 156, yang artinya, (Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada  mereka suatu musibah, mereka berkata sesungguhnya kita ini dari Allah, dan sesungguhnya kepada-Nya lah kita semua akan kembali. (OL-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat