visitaaponce.com

Diwarnai Pertikaian Diplomatik, Spanyol Kalahkan Kosovo

Diwarnai Pertikaian Diplomatik, Spanyol Kalahkan Kosovo
Para pemain Spanyol melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kosovo di laga kualifikasi Piala Dunia.(AFP/CRISTINA QUICLER)

SPANYOL mengalahkan Kosovo 3-1, Kamis (1/4) dini hari WIB, di laga kualifikasi Piala Dunia yang diwarnai dengan pertikaian diplomasi sebelum pertandingan.

Gol dari Dani Olmo, Ferran Torres, dan pemain pengganti Gerard Moreno mengantarkan Spanyol ke puncak klasemen Grup B dalam persaingan meraih tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pertikaian politik itu dipicu dari deskripsi Kosovo sebagai 'kawasan' oleh Federasi Sepak Bola Spanyol ketika menerbitkan jadwal kualifikasi Piala Dunia Spanyol yang berada dalam grup yang berisi Swedia, Yunani, dan Georgia.

Baca juga: Kalahkan Rumania, Armenia Puncaki Klasemen Grup J

Hal itu membuat marah pemerintah Kosovo, mantan provinsi Serbia yang menyatakan kemerdekaan mereka pada 2008.

Sebagai balasan, Federasi Sepak Bola Kosovo (FFK) menegaskan bahwa Kosovo adalah negera merdeka dan mengancam tidak akan bermain jika tidak diizinkan menggunakan lagu kebangsaan dan bendera mereka.

Mayoritas negara Barat mengakui kemerdekaan Kosovo. Namun, Serbia dan sekutu mereka, Tiongkok dan Rusia, tidak. Begitu juga dengan Spanyol dan Yunani, calon lawan Kosovo di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam laga di Seville, Kosovo, yang berperingkat 117, hampir dipastikan akan kesulitan menghadapi Spanyol, juara Piala Dunia 2010. Hal itu berbukti dengan tim Matador unggul 2-0 di akhir babak pertama.

Olmo, yang mencetak gol telat saat Spanyol menang atas Georgia di laga sebelumnya, membuka keunggulan La Furia Roja pada menit 34.

Pemain RB Leipzig itu mencetak gol dari luar penalti setelah menjalin kerja sama apik dengan Jordi Alba.

Satu menit kemudian, Spanyol menggandakan keunggulan mereka ketika Torres mencetak gol memanfaatkan umpan silang Pedri.

Kosovo sempat memperkecil ketertinggalan mereka pada menit 70 lewat aksi Besar Halimi.

Pemain berusia 26 tahun, yang pernah membela Jerman di tingkat junior, menjebol gawang Spanyol memenfaatkan kesalahan penjaga gawang Unai Simon.

Gol pemain berusia 26 tahun itu merupakan gol pertama Kosovo sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun, tidak lama kemudian, Spanyol merestorasi keunggulan mereka lewat gol yang dicetak Moreno, yang masuk sebagai pemain pengganti, memanfaatkan sepak pojok Koke. (AFP/OL-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat