visitaaponce.com

Phil Foden Jadi Kartu Truf Guardiola

Phil Foden Jadi Kartu Truf Guardiola
Gelandang Manchester City Phil Foden (kanan) melakukan selebrasi dalam laga Liga Champions melawan Atletico Madrid.(AFP/Oli SCARFF)

MANCHESTER City menang tipis 1-0 atas Atletico Madrid di laga leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (6/4) dini hari WIB. Gol semata wayang the Citizens dicetak sang kapten Kevin De Bruyne di menit ke-70 berkat assist Phil Foden.

Datang ke Stadion Etihad, skuat Diego Simeone menampilkan versi ekstrem strategi antisepak bola dengan pertahanan bertumpuk serta disiplin tinggi. Alhasil, laga pun berjalan alot.

The Citizens berulang kali mencoba membangun serangan namun terbentur tembok besar yang dibangun para pemain Atletico. Babak pertama, kedua tim bahkan nihil percobaan mengarah ke gawang (on target).

Baca juga: Gol Tunggal De Bruyne Antar City Kalahkan Atletico

Taktik Pep Guardiola memasukkan Foden, Jack Grealish, dan Gabriel Jesus di menit ke-68 membuahkan hasil, khususnya Foden yang sukses tampil menjadi pembeda.

Hanya dalam waktu 80 detik di lapangan, Foden langsung memberikan dampak instan dengan umpan matang kepada De Bruyne di kotak penalti yang kemudian sukses menceploskan bola ke gawang Jan Oblak.

Foden beberapa kali juga mampu merangsek ke pertahanan Atletico lewat aksi individunya meski akhirnya tidak ada lagi gol tercipta pada laga itu.

"Ketika kami membuat pergantian pemain karena kami pikir bisa menjadi sedikit lebih baik. Kadang-kadang berhasil, tetapi terkadang tidak. Tidak mudah menghadapi tim (Atletico) dengan banyak pengalaman di turnamen ini," ucap Guardiola seusai laga.

Diego Simeone mengakui skuatnya memang tampil bertahan, mempersempit ruang gerak lawan, dan berharap dengan serangan balik. Namun, ketika Atletico merasa ada momentum untuk keluar justru yang terjadi Jan Oblak kebobolan.

Simeone pun mengakui keunggulan materi pemain City yang sama bagusnya di bangku cadangan. Ia tiak menduga Foden bakal tampil sebagai pengganti.

"Saya harus mengakui kami kira Foden akan menjadi starter. Saya juga mengakui menyenangkan melihat bagaimana City bermain, kesabaran yang mereka miliki. Tapi dua tim mencari hal yang sama yaitu kemenangan," ucapnya.

Selisih satu gol belum aman bagi City dan masih terbuka peluang untuk Atletico. Terlebih, leg kedua akan dimainkan di markas Atletico, Stadion Wanda Metropolitano, pekan depan.

"Ada waktu satu minggu penuh untuk mempersiapkan leg kedua dan saya kira kami bisa tampil berbeda secara signifikan melawan mereka di stadion kami," kata bek Atletico, Stefan Savic. (AFP/BT Sport/Goal/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat