visitaaponce.com

Gara-Gara Status Kewarganegaraan, Castillo Absen dari Timnas Ekuador

Gara-Gara Status Kewarganegaraan, Castillo Absen dari Timnas Ekuador
Bek timnas Ekuador Byron Castillo(AFP/Jose Jordan)

FEDERASI Sepak Bola Ekuador (FEF), Selasa (15/11), mengatakan bek Byron Castillo tidak masuk dalam skuat timnas untuk Piala Dunia 2022 demi menghindari 'sanksi tidak adil' terkait sengketa kewarganegaraan sang pemain.

Pekan lalu, Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) memutuskan bahwa Castillo bisa membela Ekuador di Piala Dunia 2022 namun menjatuhkan sanksi kepada FEF karena memalsukan paspor pemain belakang itu.

Keputusan CAS itu membuat Ekuador mempertahankan posisi mereka sebagai peserta Piala Dunia 2022 setelah Cile dan Peru menggugat lolosnya Ekuador ke Qatar terkait status Castillo.

Baca juga: CAS Nyatakan Ekuador Berhak Tampil di Piala Dunia 2022

Federasi Sepak Bola Cile (FFCH) menegaskan ada bukti bahwa sang pemain lahir di Kolombia pada 1995 bukan di Playas, Ekuador pada 1998.

FFCH menuding Ekuador menggunakan akte kelahiran palsu, deklarasi usia palsu, dan kewarganegaraan palsu.

FIFA, September lalu, memutuskan bahwa Castillo, yang membela Ekuador di delapan laga kualifikasi Piala Dunia, berhak tampil karena berstatus warga negara Ekuador.

Cile dan Peru kemudian membawa kasus itu ke CAS.

CAS memutuskan Castillo berhak tampil di kualifikasi Piala Dunia membela Ekuador karena pemerintah Ekuador mengakui bahwa Byron Castillo adalah warga negara Ekuador.

Namun, CAS menambahkan, "Saat paspor Ekuador Castillo asli ada sejumlah informasi yang tidak benar."

"CAS menyimpulkan bahwa tempat dan tangga lahir sang pemain tidak benar karena sang pemain ternyata lahir di Tumaco, Kolombia pada 25 Juni 1995," tegas CAS.

CAS kemudian menjatuhkan hukuman denda sebesar 100 ribu francs Swiss kepada FEF dan memangkas tiga poin dari poin yang akan diraih Ekuador di laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

FEF menyebut sanksi dari CAS itu tidak adil dan tidak berdasar. Karenanya, mereka memutuskan untuk tidak membawa Castillo ke Qatar.

"Dihadapkan pada risiko terkena hukuman yang tidak adil, FEF memutuskan tidak melibatkan Byron Castillo Segura di skuat final yang diajukan ke FIFA untuk Piala Dunia 2022," ungkap FEF.

Ekuador akan memainkan laga pertama mereka di Piala Dunia 2022 melawan tuan rumah Qatar, Minggu (20/11). (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat