visitaaponce.com

Swiss Bidik Poin Lawan Kamerun

Swiss Bidik Poin Lawan Kamerun
Pemain Timnas Swiss Granit Xhaka(AFP/ FABRICE COFFRINI )

SWISS berhasrat mengamankan poin awal ketika melakoni laga pertama Grup G menghadapi Kamerun di Stadion Al Janoub, Kamis (24/11) sore. Kamerun akan menjadi misteri yang ingin dipecahkan Swiss karena kedua tim belum pernah bertemu.

Poin di laga pertama akan krusial bagi skuad asuhan Murat Yakin. Pada edisi Rusia 2018, Swiss juga satu grup dengan Brasil dan Serbia. Mereka lolos dari fase grup namun terhenti di babak 16 besar.

"Ini benar-benar grup yang kuat. Kami akrab dengan tim Brasil dan Serbia karena kami sudah satu grup dengan mereka di Piala Dunia 2018. Kami belum pernah bermain melawan Kamerun dan ini membuatnya menarik," kata sang kapten Granit Xhaka.

Peran Xhaka akan krusial. Gelandang berusia 30 tahun itu menjadi salah satu nama yang berpengalaman di skuad dan sudah tampil lebih dari 100 kali untuk timnas Swiss. Bersama klubnya Arsenal, Xhaka musim ini performa juga tengah menanjak dengan tiga gol dan mencatatkan banyak assist.

Gaya permainannya yang box-to-box dan memiliki keseimbangan dalam menyerang serta bertahan berpotensi menjadi ancaman bagi Kamerun.

Baca juga: Xhaka Pimpin Timnas Swiss di Piala Dunia 2022

Jika Xhaka mampu membawa performa apiknya di klub ke Qatar, bukan tidak mungkin dia bisa membawa langkah Swiss lebih jauh.

Murat Yakin yang menjadi pelatih Swiss sejak Agustus 2021 dinilai Xhaka membawa angin segar. Yakin membentuk timnas Swiss sekarang mengedepankan ketangguhan dalam bertahan sekaligus efisien memanfaatkan peluang gol.

"Dia ingin pertahanan kami lebih kompak dan kebobolan lebih sedikit. Tetap saja, dia ingin melihat kami melakukan apa yang membuat kami kuat, yaitu memainkan sepak bola kami," ujar Xhaka.

"Dia ingin kami menciptakan banyak peluang mencetak gol. Jika melihat perjalanan kualifikasi (Piala Dunia), kami melakukan segalanya dengan benar," tukasnya.(Marca/FIFA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat