visitaaponce.com

Argentina Perpanjang Kontrak Scaloni Hingga 2026

Argentina Perpanjang Kontrak Scaloni Hingga 2026
Pelatih timnas Argentina Lionel Scaloni(AFP/Paul ELLIS )

PELATIH timnas Argentina Lionel Scaloni telah menandatangani kontrak hingga Piala Dunia 2026. Hal itu diungkapkan Federasi Sepak Bola Argentina, Senin (27/2).

Scaloni, yang mulai menukangi Argentina pada 2018 dan mengantarkan tim Tango menjadi juara Piala Dunia 2022, Desember lalu, menyepakati kontrak baru itu saat menghadiri upacara penghargaan FIFA di Paris.

"Ketua Federasi Sepak Bola Argentina Claudio Tapia dan Lionel Scaloni bertemu untuk menyelesaikan kesepakatan perpanjangan kontrak hingga 2026," ungkap Federasi Sepak Bola Argentina dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Messi Mengaku Merasa Dipanggil oleh Trofi Piala Dunia

Pelatih berusia 44 tahun itu juga mengantarkan Argentina menjadi juara Copa America pada 2021, gelar pertama Albiceleste sejak 1993.

Dia kemudian memimpin klub Amerika Selatan itu memenangkan gelar Piala Dunia ketiga mereka lewat kemenangan adu penalti atas Prancis di laga final Piala Dunia 2022.

Scalono mengantikan Jorge Sampaoli usai Argentina tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2018 dengan status pelatih interim sebelum kemudian dipermanenkan.

Kala itu, tidak semua orang menerima penunjukkan Scaloni sebagai pelatih timnas.

Mendiang Diego Maradona, yang juga pernah menjadi pelatih timnas Argentina, kala itu, menyebut, "Dia bahkan tidak bisa mengatur lalu lintas."

Scaloni tidak memiliki pengalaman menjadi pelatih kepala dan seharusnya hanya bertugas sebagai pelatih interim timnas Argentina selama dua bulan saat Federasi Sepak Bola Argentina mencari pengganti Samapoli.

Scaloni mewarisi klub yang mengalami serangkaian nyaris juara. Argentina kalah di laga final Piala Dunia 2014 disusul dua kekalahan beruntun di final Copa America dari Cile pada 2015 dan 2016.

Namun, Scaloni sukses memimpin Argentina tidak terkalahkan dalam 36 laga sebelum Piala Dunia 2022, termasuk dengan menjadi juara Copa America 2021 di Brasil, yang mengakhiri puasa gelar selama 28 tahun.

Kemudian, di Qatar, usai secara mengejutkan kalah dari Arab Saudi di laga pembuka, Scaloni membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat