visitaaponce.com

Piala Dunia U-20, JK Nilai Momentum Indonesia Bisa Ajak Israel dan Palestina ke Meja Perundingan

KETUA Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat M Jusuf Kalla mengatakan Indonesia seharusnya bisa mengambil kesempatan Piala Dunia U-20 sebagai momentum upaya perdamaian Palestina dan Israel. Kedatangan tim nasional (timnas) Israel dalam ajang FIFA itu bukti peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak bangsa Palestina. 

"Jadi kalau Indonesia menerima kehadiran Israel dalam keikutsertaannya di Piala Dunia U20, justru menunjukkan peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak bangsa Palestina, melalui jalur dialog untuk perdamaian kedua pihak," tegas JK di sela kunjungannya ke Phnom Penh, Kamboja menghadiri undangan buka puasa bersama warga muslim Kamboja yang juga dihadiri PM Kamboja Hunsen dan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, Senin (27/3) malam.

Mantan wakil Presiden Indonesia itu menjelaskan konflik antara Palestina dan Israel (Perang Arab-Israel) sudah berlangsung 70 tahun. Tiga kali di antaranya perang besar, yakni tahun 1948, 1967, dan Perang Yom Kippur 1973. 

Baca juga: Jusuf Kalla Disebut Sarankan Golkar Merapat ke Partai Pendukung Anies Baswedan

Ironisnya, setiap kali perang, wilayah Arab termasuk Palestina semakin banyak dikuasai Israel. "Dalam kondisi seperti saat ini, tentu tidak bisa lagi berharap banyak dari Mesir, Syria dan Jordan untuk berperang bagi kedaulatan Palestina. Maka satu-satunya jalan yang terbaik untuk memperjuangkan dan memulihkan hak hak bangsa Palestina, melalui jalan dialog menuju perdamaian," kata 

Lebih lanjut JK menjelaskan apabila Indonesia ingin membantu kepentingan rakyat Palestina, maka posisi yang harus diperkuat Indonesia adalah mengenal kedua belah pihak, agar dapat mendorong mereka maju ke meja perundingan yang adil.

Baca juga: Asprov PSSI Jatim tetap Dukung Piala Dunia U-20 Digelar

Pandangan ini pula saat ini yang diyakini beberapa negara negara Arab di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Qatar. yang mulai berhubungan baik dengan Israel. Sebab selama ini yang punya hubungan diplomatik dengan Israel hanya Mesir, Jordan dan Turki. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat