visitaaponce.com

Persaingan Menuju Gelar Juara La Liga Kian Panas

Persaingan Menuju Gelar Juara La Liga Kian Panas
Pemain Real Madrid mencium trofi setelah timnya menjuarai La Liga Spanyol musim 2021-2022.(AFP/GABRIEL BOUYS )

PERSAINGAN La Liga Spanyol musim ini semakin memanas ketika hanya menyisakan 11 pertandingan. Terlebih, terdapat FC Barcelona yang masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 71 poin.

"Terjadi pertarungan sengit memperebutkan posisi di hampir setiap level klasemen, termasuk persaingan penting untuk kualifikasi Eropa. Selain itu, banyak tim berusaha keras agar terhindar dari degradasi," tulis keterangan resmi La Liga, Kamis (6/4/2023).

Saat ini, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid mengisi daftar tiga besar klasemen dan unggul cukup jauh dengan tim yang berada di bawahnya. Namun, perebutan tempat keempat, zona Liga Europa, serta slot Conference League jadi lebih terbuka ketimbang sebelumnya.

Persaingan tersebut melibatkan Real Sociedad (48 poin), Real Betis (45 poin), dan Villarreal CF (44 poin) yang secara berurutan menempati posisi keempat, kelima, dan keenam. Mereka masih berpeluang memperoleh tiket Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League musim depan.

Baca juga: Barcelona Minta Presiden La Liga Mundur

Perbedaan poin yang sangat tipis antara ketiga tim tersebut memungkinkan ada tim yang tiba-tiba tersingkir dari zona Eropa atau sebaliknya. Persaingan ketat tersebut membuat pertandingan Real Betis melawan Real Sociedad pada laga ke-31 menarik untuk dinantikan.

Selain itu, sejumlah tim juga bertarung memperebutkan tempat ketujuh, yang pada akhirnya berkesempatan mendapat tiket Conference League tahun depan jika pemenang Copa del Rey lolos kualifikasi Eropa melalui posisi mereka di La Liga.

Dari Athletic Club yang saat ini berada di urutan ketujuh dengan 37 poin, hingga RCD Mallorca yang tertinggal empat poin di urutan ke-12, masih ada beberapa tim yang juga siap mencuri kesempatan, yakni Rayo Vallecano, Osasuna, Celta de Vigo dan Girona FC. Klub-klub tersebut siap menerkam sekaligus waspada karena masih mungkin terdegradasi

Sevilla yang berada di urutan ke-13 dengan koleksi 31 poin hanya terpaut enam angkat dari posisi ketujuh. Tapi, mereka juga belum terlalu aman dari ancaman degradasi.

Baca juga: El Clasico Jadi Pertaruhan Barcelona Kejar Gelar La Liga

Sevilla adalah posisi pertama dari deretan klub yang terancam degradasi selain Getafe, Cadiz, Real Valladolid, Valencia, RCD Espanyol, dan UD Almería yang semuanya terpaut jarak tipis satu sama lain.

Sementara itu, Elche yang berada di posisi terbawah dan jauh tertinggal dalam pengumpulan poin, masih memiliki peluang matematis untuk bertahan. Sebab, mereka sudah mengumpulkan 13 poin dan hanya berjarak 14 angka dengan Valencia yang berada di zona aman terbawah ketika kompetisi menyisakan 11 pekan lagi.

"Sulit untuk memprediksi dengan tepat berapa banyak poin yang dibutuhkan untuk menghindari degradasi musim ini, tetapi sepertinya tim akan membutuhkan penghitungan poin yang lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya," tulis pernyataan La Liga.

"Oleh karena itu, setiap matchday yang tersisa sangatlah penting, setiap poin harus diperjuangkan dan setiap kemenangan patut dirayakan dalam beberapa pekan terakhir musim La Liga yang menarik ini," imbuhnya.
 (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat