visitaaponce.com

Manchester City Hajar Arsenal di Etihad

Manchester City Hajar Arsenal di Etihad
Para pemain Manchester City melakukan selebrasi usai mengalahkan Arsenal di laga Liga Primer Inggris.(AFP/Oli SCARFF)

MANCHESTER City mengambil alih momentum dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris setelah membukukan kemenangan 4-1 atas pemuncak klasemen Arsenal, Kamis (27/4) dini hari WIB.

Kevin De Bruyne mencetak dua gol dan memberikan assist kepada John Stones sebelum Erling Haaland mengakhiri penampilan dominan City di Etihad saat mereka menunjukkan mengapa anak-anak asuhan Pep Guardiola itu sukses menjadi juara di empat dari lima musim terakhir.

City, secara mengejutkan, tertinggal dari Arsenal di mayoritas musim namun The Gunners tersandung selama satu bulan terakhir sementara City terus memberikan tekanan.

Baca juga: Jelang Laga Lawan Arsenal, Guardiola Mengaku Gugup

The Citizen kini berada di peringkat dua klasemen Liga Primer Inggris dengan selisih hanya dua poin dari Arsenal, City juga memiliki keunggulan dua laga.

City bisa dipastikan menjadi juara Liga Primer Inggris untuk kali ketiga secara beruntun jika bisa memenangkan enam dari tujuh laga mereka yang masih tersisa.

Hal itu tampaknya bisa terwujud jika melihat penampilan gemilang City uang membukukan tujuh kemenangan beruntun di Liga Primer Inggris.

Baca juga: Guardiola Tegaskan Kualitas Pemain akan Tentukan Pemenang dalam Laga Kontra Arsenal

Tidak terkalahkan di 16 laga terakhir mereka di semua kompetisi, City memenangkan 13 dari 14 laga terakhir mereka saat mereka memburu treble.

Manchester City akan tampil di final Piala FA melawan Manchester United dan berhadapan dengan Real Madrid di semifinal Liga Champions.

Adapun Arsenal, yang sempat unggul delapan angka di awal April, gagal memenangkan empat laga terakhir mereka di Liga Primer Inggris.

Kekalahan ketiga Arsenal dari Manchester City di 2023 menjadi pukulan yang tampaknya menuntaskan harapan mereka untuk memenangkan gelar Liga Primer Inggris pertama mereka dalam tempo 19 tahun.

Anak-anak asuhan Arteta mengalami penurunan performa di saat terburuk dengan membukukan tiga hasil imbang, dua di antaranya setelah unggul dua gol, disusul kekalahan pertama dalam 11 laga Liga Primer Inggris.

De Bruyne mengawali kehancuran Arsenal saat laga baru berlangsung tujuh menit ketika menerima umpan dari Haaland, bergerak ke lini pertahanan the Gunners, dan melepaskan tendangan yang tidak bisa ditahan Aaron Ramsdale dari jarak 20 meter.

Stones kemudian menggandakan keunggulan City di akhir babak pertama ketika menyundul tendangan bebas De Bruyne. Gol itu sempat dianulir karena Stones dinilai offside sebelum kemudian disahkan oleh VAR.

De Bruyne kemudian mencetak gol keduanya, kembali memanfaatkan umpan Haaland pada menit 54.

Rob Holding sempat memperkecil kekalahan Arsenal pada menit 86 sebelum Haaland mencetak golnya yang ke-49 di semua kompetisi dan ke-33 di Liga Primer Inggris di masa injury time.

Chelsea kalah lagi

AFP/ADRIAN DENNIS

Sementara itu, Chelsea menderita kekalahan kelima di bawah asuhan Frank Lampard setelah the Blues menyerah 2-0 dari Brentford di Stamford Bridge.

Di masa kepelatihan keduanya di Chelsea usai menggantikan Graham Potter hingga akhir musim ini, Lampard gagal membangkitkan the Blues yang dicemooh pendukung mereka sendiri di akhir laga.

Chelsea menjalani penampilan terburuk mereka sejak 1993 saat rekor tidak pernah menang mereka mejadi delapan laga.

Gol bunuh diri Cesar Azpilicueta pada menit 37 dan gol Bryan Mbeumo di menot 78 membuat Chelsea, yang saat ini menduduki peringkat 11 klasemen Liga Primer Inggris, mengakhiri musim di paruh bawah klasemen untuk pertama kalinya sejak 1996.

Liverpool menang di kandang West Ham

AFP/Ben Stansall

Sementara itu, Liverpool membuka peluang mengakhiri musim di peringkat empat besar setelah menang 2-1 di kandang West Ham United.

The Hammers unggul lebih dulu pad amenit 12 lewat tendangan spektakuler Lucas Paqueta sebelum Cody Gakpo menyamakan kedudukan lewat tendangan jarak jauh, lima menit kemudian.

Sundulan Joel Matip pada menit 67 membuat Liverpool, yang berada di peringkat enam klasemen, kini tinggal terpaut enam poin dari peringkat empat Manchester United.

Di laga lainnya, Nottingham Forest keluar dari zona degradasi setelah mengalahkan Brighton and Hove Albion 3-1. Ini merupakan kemenangan pertama Forest dalam 12 laga terakhir.

Brighton unggul lebih dulu pada menit 38 lewat gol pertama Facundo Buonanotte di Liga Primer Inggris sebelum Forest menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Pascal Gross.

Danilo kemudian mencetak gol pada menit 69 sebelum eksekusi penalti Morgan Gibbs-White di akhir laga membuat Forest unggul satu poin dari zona degradasi. (AFP/Z-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat