visitaaponce.com

Xavi Bandingkan Talenta Baru Barcelona dengan Lionel Messi

Xavi Bandingkan Talenta Baru Barcelona dengan Lionel Messi
Penyerang Barcelona Lamine Yamal (kanan) di laga La Liga melawan Real Betis.(AFP/Josep LAGO)

MANAJER Barcelona Xavi Hernandez membuat perbandingan antara Lamine Yamal dan Lionel Messi setelah debut Yamal yang berhasil memecahkan rekor untuk klub Catalan tersebut.

Yamal menjadi pemain termuda yang pernah mewakili Barcelona di laga La Liga, Sabtu (29/4) malam. Yamal, yang  turun dari bangku cadangan, membantu Ela Barca menang 4-0 atas Real Betis di Camp Nou.

Di usia 15 tahun, Yamal memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Ansu Fati sebagai pemain Barcelona termuda di La Liga. 

Baca juga: Barcelona Pesta Gol saat Menjamu Real Betis

Keputusan Xavi untuk mempromosikan Yamal ke tim utama di usia yang begitu muda pasti menimbulkan pertanyaan tentang seberapa hebat pemain muda Spanyol itu nantinya dan komentar pascapertandingan sang pelatih menunjukkan ada optimisme besar tentang masa depan Yamal.

"Saya mengatakan kepadanya untuk mencoba berbagai hal dan dia melakukannya," kata Xavi kepada wartawan, dikutip Selasa (2/5).

 "Di usia 15 tahun, bayangkan saja. Dia spesial dan dia bahkan bisa saja mencetak gol malam ini, tapi [kiper Betis Rui Silva] menyelamatkannya. Dia bermain dengan percaya diri dan dia menunjukkan kemampuannya. Dia tidak memiliki rasa takut dan banyak talenta. Beberapa operannya di sepertiga akhir benar-benar bagus,” lanjut Xavi. 

Baca juga: Xavi Akui Barcelona Bermain Buruk saat Kalah Lawan Rayo Vallecano

Saat ditanya apakah Yamal bisa dibandingkan dengan Fati bahkan pemain legendaris Barcelona Lionel Messi, Xavi tidak mundur dalam pujiannya dan menyarankan pemain berusia 15 tahun itu untuk dapat membantu mengantarkan era baru di klub.

"Dia pemain yang mirip (dengan Messi) karena dia memiliki bakat bawaan yang sepertinya sulit ditemukan, akhir akhir ini," jawab Xavi.

"Lamine tidak terlihat seperti anak berusia 15 tahun, dia sangat dewasa. Dia siap [untuk bermain] dan dia berlatih dengan baik. Dia bisa menandai sebuah era di klub ini sebagai bagian dari tim ini,” ujarnya. 

Siapa Lamine Yamal

Yamal lahir di Spanyol, dari ayah berkebangsaan Maroko dan ibu berkebangsaan Guinea Khatulistiwa. Yamal memiliki kesempatan mewakili tiga negara di tingkat internasional yaitu Maroko, Guine Khatulistiwa, dan Spanyol. Saat ini, dia menjadi bagian dari timnas Spanyol, setelah bermain di level U-19.

Seorang pemain sayap kanan berkaki kiri, Yamal biasa beroperasi sebagai striker sentral sebelum beralih melebar karena kemampuannya menggiring bola yang luar biasa. Hal inilah, yang disebut Xavi membuatnya mirip dengan Messi. 

Yamal memiliki beberapa hal yang harus dilakukan karena usianya yang masih muda. Tetapi, pergerakan dan kecerdasannya di lapangan telah dikenali dengan cepat oleh Xavi. 

Hal inilah yang membuat Yamal berhasil memukau mata Barcelona. Hingga, dikabarkan bahwa pada 13 Juli 2023, Yamal akan ditawarkan kontrak profesional. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat