visitaaponce.com

Tolak Pakai Jersey Pelangi, Mohamed Didenda Nantes

Tolak Pakai Jersey Pelangi, Mohamed Didenda Nantes
Penyerang Nantes Mostafa Mohamed(AFP/Sebastien SALOM-GOMIS)

STRIKER Nantes Mostafa Mohamed didenda oleh klubnya setelah menolak bermain pada akhir pekan lalu sebagai protes terhadap kampanye antihomofobia yang digelar Ligue 1. Hal itu diungkapkan Nantes, Senin (15/5).

Nantes mengatakan Mohamed diganjar hukuman finansial karena menolak bermain melawan Toulouse karena alasan pribadi saat Nantes berusaha lolos dari ancaman degradasi.

Nantes mengungkapkan dana dari denda terhadap Mohamed itu akan disumbangkan kepada yayasan yang mendukung komunitas LGBTQ yang menjadi korban diskriminasi.

Baca juga: Kalahkan Lyon, Nantes Melaju ke Final Coupe de France

Dalam laga akhir pekan lalu, nomor punggung pemain di dua divisi teratas Liga Prancis, serta ban kapten, diberi warna pelangi dalam kampanye untuk memerangi homofobia.

Jersey-jersey itu kemudian akan dijual dalam pelelangan dan hasilnya akan disumbangkan kepada tiga lembaga amal yang begerak melawan diskriminasi terhadap kelompok LGBTQ.

Penyerang Mesir Mohamed menolak tampil saat timnya bermain imbang tanpa gol melawan Toulouse karena tidak mau dikaitkan dengan kampanye itu meski Nantes tengah  berusaha lolos dari ancaman degradasi.

Baca juga: Bersikeras Puasa di Hari Pertandingan, Bek Nantes Ini Absen Bermain

Penyerang berusia 25 tahun itu menjelaskan keputusannya dalam unggahan di media sosial, Minggu (14/5) malam.

"Saya menghargai perbedaan, Saya mengjormati semua kepercayaan. Namun, kepercayaan pribadi saya juga harus dihormati," cicit Mohamed.

"Berdasarkan akar, budaya, da n kepercayaan saya, saya tidak mungkin berpartisipasi dalam kampanye ini. Saya harap keputusan saya dihormati," lanjutnya.

Keputusan untuk hanya mendenda dan tidak menskors Mohamed memastikan Nantes masih bisa memainkan pemain yang telah mencetak 11 gol pada musim ini saat mereka hanya terpaut satu poin dari zona aman sata kompetisi menyisakan tiga laga lagi.

Sejumlah pemain lain juga menolak ambil bagian dalam kampanye antihomofobia yang digelar Ligue 1, salah satunya adalah gelandang Toulouse Zakaria Aboukhlal. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat