visitaaponce.com

Si Jalak Harupat Dinilai Siap untuk Piala Dunia U-17

Si Jalak Harupat Dinilai Siap untuk Piala Dunia U-17
Presiden Jokowi meninjau Stadion Jalak Harupat, Bandung(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan renovasi Stadion Si Jalak Harupat, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah selesai. Stadion itu disiapkan untuk ajang kompetisi Piala Dunia Under-17 (U-17) 2023.

Indonesia resmi ditunjuk oleh Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) sebagai tuan rumah.

Menurut presiden, ada sekitar 6 hingga 8 stadion yang akan disiapkan pemerintah. Lalu FIFA yang nanti akan menentukan stadion mana yang layak.

Baca juga: Presiden Tinjau Stadion Si Jalak Harupat dan Pantau Seleksi Timnas U-17

"Yang menentukan (stadion) FIFA bukan presiden, tugas kita menyiapkan memperbaiki, merenovasi. Kalau sudah FIFA ke sini, siap enggak? Jadi itu," terang Jokowi seusai memantau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat, di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (12/7).

"Enam sampai delapan stadion tapi nanti sekali lagi ini ada dicek FIFA yang mana akan ditentukan sehingga yang nentukan sekali lagi adalah FIFA, kita menyiapkan saja," imbuh Jokowi.

Baca juga: Dukung Piala Dunia U-17, Jakpro: JIS Masih Terus Disempurnakan

Jokowi berkunjung ke Stadion Si Jalak Harupat untuk melihat progres renovasi stadion tersebut. Stadion itu rencananya menjadi salah satu dari delapan stadion yang diajukan oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kepada FIFA untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Renovasi Stadion Si Jalak Harupat. Pada kesempatan itu, presiden juga melihat serta meninjau proses seleksi pemain untuk Piala Dunia U-17.

"Saya senang proses renovasi telah selesai, tetapi nanti masih (dicek ulang oleh FIFA)," terang presiden.

FIFA, ujarnya, pernah mengecek Stadion Si Jalak Harupat yang rencananya akan digunakan untuk Piala Dunia U-20. Tetapi, Indonesia batal menjadi tuan rumah. Presiden menerangkan perlu beberapa penyesuaikan karena Piala Dunia U-20 berbeda dengan U-17. Sejumlah perbaikan, papar presiden, meliputi kursi, rumput, lampu, toilet, tempat ganti pakaian para permain hingga akses keluar-masuk stadion.

"Semua detil dilakukan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Untuk U-20 sudah layak dipakai, tapi untuk U-17 masih ada proses perbaikan lagi katena memang ini bera, jadi mungkin dijahit rumputnya. Tetap dilakukan," terang Jokowi.

Seperti diberitakan, Ketua Umum Erick Thohir PSSI menyampaikan 6 di antara 8 stadion sudah lolos kualifikasi FIFA ketika Indonesia masih berstatus tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang). (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat