visitaaponce.com

Kerangka Tim U-17 Indonesia Belum Sempurna

Kerangka Tim U-17 Indonesia Belum Sempurna
Pelatih Garuda United U-17 Bima Sakti memberikan instruksi saat pertandingan uji coba melawan Kashima Antlers.(Antara)

DUA kekalahan dalam laga uji coba yang dijalani tim U-17 Indonesia di Bali menjadi gambaran kerangka tim yang belum terbentuk sempurna. Padahal, turnamen Piala Dunia U-17 akan dimulai kurang dari 100 hari lagi. Tim pelatih yang dipimpin Bima Sakti masih terus mencari sejumlah pemain untuk menutupi celah kekurangan skuad Garuda Muda.

Tim U-17 Indonesia takluk 2-3 dari klub J-League, Kashima Antlers di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (5/8). Ini menjadi kekalahan kedua tim yang sedang menjalani pemusatan latihan di Pulau Dewata. Sebelumnya, Garuda Muda kalah 0-3 dari Barcelona Juvenil A tiga hari sebelumnya.

Perbedaan gaya bermain memang terlihat di dua laga itu. Dalam duel pertama, pemain lebih sering berada dalam kondisi tertekan dan kesulitan melakukan serangan. Hal itu yang terlihat berubah di laga lawan Kashima Antlers. Tim U-17 Indonesia bisa balik menekan lawan bahkan mencetak gol.

Baca juga: Tim U-17 Indonesia Kembali Gagal Dalam Laga Uji Coba di Bali

Bima Sakti mengungkapkan, pemain yang diturunkan melawan Kashima Antlers ialah tim inti yang tersedia saat ini dalam persiapan Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November sampai 2 Desember mendatang.

"Di pertandingan kedua ini lebih mengutamakan pemain yang menjadi tulang punggung nanti di persiapan Piala Dunia U-17, yang pasti kita kerangka tim sudah ada," kata Bima.

Bima menegaskan perlu mencari tambahan pemain untuk menyempurnakan tim. Pemain yang saat ini mengikuti pemusatan latihan adalah mayoritas pemain yang menjuarai Piala AFF U-16 tahun lalu.

Baca juga: Timnas U-17 Indonesia Takluk 0-3 dari Barcelona Juvenil A

Bima juga sudah menerima masukan dari Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan konsultan pelatih Frank Wormuth. Selain itu, Bima juga telah mengirimkan rincian program persiapan tim U-17 kepada Shin Tae-yong untuk mendapatkan masukan.

"Selama seminggu ini, Frank Wormuth memberikan banyak catatan setelah melihat latihan dan dua pertandingan. Kami akan mengevaluasi semuanya dan menyesuaikan sesi latihan berdasarkan hasil uji coba ini," kata Bima.

Seleksi Pemain

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya mengatakan program seleksi untuk tim U-17 Indonesia yang sudah digelar di 12 kota terpilih 42 pemain. Nantinya, mereka akan dikumpulkan untuk mengikuti tahapan seleksi lanjutan.

Erick menegaskan tidak mematok jumlah pemain yang akan diambil untuk bergabung bersama tim yang sudah menggelar pemusatan latihan di Jakarta dan dilanjutkan di Bali.

"42 pemain ini tidak ada jaminan terseleksi, tapi saya lihat beberapa memiliki talenta memang ada potensi. Dari data ini banyak pemain elite pro academy klub, ada 18 pemain. Saya rasa ini beragam yang ikut seleksi," jelasnya.

Setelah terbentuk skuad utama, pemain akan menjalani pemusatan latihan di Jerman pada September mendatang. Di sana, mereka akan menjalani sejumlah laga uji coba yang diawasi langsung Frank Wormuth.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat