visitaaponce.com

Shin Tae-yong Didesak Mundur, Pengamat Wajar, Nihil Prestasi

Shin Tae-yong Didesak Mundur, Pengamat: Wajar, Nihil Prestasi
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong(MI/Briyanbodo Hendro)

Pengamat sepak bola Akmal Marhali menilai wajar jika ada sejumlah pihak yang mendesak Shin Tae-yong mundur sebagai pelatih. Pasalnya, selama empat tahun memimpin Timnas Indonesia, belum ada satu trofi pun yang dipersembahkan pelatih asal Korea Selatan itu.

"Wajar kalau ada desakan Shin Tae-yong mundur dari jabatan pelatih Timnas Indonesia karena hingga saat ini belum ada prestasi yang bisa dibanggakan, baik di level senior maupun kelompok umur," kata Akmal yang juga koordinator Save Our Soccer (SOS).

Menurutnya, masyarakat ingin Timnas Indonesia bisa mengangkat piala di ajang-ajang bergengsi, bukan sekadar timnas U-20 atau senior lolos ke Piala Asia.

Baca juga: Timnas Tampil Buruk di AFF, Seruan STY Out Menggema di Medsos

"Masyarakat membutuhkan Trofi juara sebagai bukti keberhasilan, bukan sekadar lolos ke sebuah kejuaraan," lanjutnya.

Menurut Akmal, selama empat tahun dilatih Shin Tae-yong, Indonesia justru mengalami penurunan prestasi. Di ajang SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia hanya meraih medali perunggu, merosot dari capaian gelaran sebelumnya yang mengantongi perak.

Baca juga: Dukung Klub Prioritaskan Timnas, Suporter: Demi Merah Putih

"Di Piala AFF 2022 kita juga hanya jadi semifinalis padahal dua tahun sebelumnya kita runner-up," jelasnya.

Di ajang Piala AFF U-23 yang saat ini sedang berlangsung di Thailand, penampilan Ramadhan Sananta dkk juga tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kalah 1-2 dari Malaysia dan hanya menang 1-0 dari Timor Leste. Ini membuat posisi Indonesia bergantung dari peserta lainnya untuk lolos ke semifinal.

"Di ajang ini kalau memang Shin Tae-yong tidak siap, bisa diserahkan ke asisten pelatih. Jangan karena ajang ini bukan agenda resmi FIFA lantas menjadikan ajang ini hanya sebagai laga persahabatan. Ini ajang resmi AFF adu gengsi. Thailand dan Vietnam serius," ucapnya.

"Apakah nanti Asian Games yang bukan agenda FIFA juga akan menjadi laga persahabatan saja bagi Shin Tae-yong? Harus ada kesamaan target antara pengurus PSSI dan pelatih. PSSI harus mengevaluasi kinerja Shin Tae-yong," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat