visitaaponce.com

Kalah dari Vietnam, Garuda Muda Bergegas Persiapkan Kualifikasi Piala Asia

Kalah dari Vietnam, Garuda Muda Bergegas Persiapkan Kualifikasi Piala Asia
Sejumlah pemain timnas U-23 bersama tim pelatih melakukan latihan di Senayan, Jakarta.(Antara)

TIMNAS U-23 Indonesia mengalihkan fokus untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Hasil runner up pada ajang Piala AFF U-23 kalah adu penalti 6-5 (0-0) dari Vietnam menjadi bekal evaluasi untuk pengembangan tim.

Pelatih Shin Tae-yong langsung berencana mempersiapkan skuad Garuda Muda menjalani pemusatan latihan alias TC pada 4 September mendatang. Pelajaran dari Piala AFF dipetik untuk mempersiapkan kualifikasi dengan matang.

"Kami sudah mendapat pelajaran dari turnamen ini dan akan bersiap lebih baik untuk TC Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, TC nanti mulai di tanggal 4 September," ujar Shin, Minggu, (27/8).

Indonesia akan memulai pertandingan kualifikasi pada 6-12 September mendatang bersaing dengan Taiwan dan Turkmenistan.

Baca juga: Erick Thohir Tegaskan Bangga dengan Timnas U-23 Meski Gagal Juara Piala AFF

Shin mengapresiasi kerja keras maksimal dan semangat pantang menyerah tim U-23 yang ditunjukkan pada laga final Piala AFF U-23, di Rayong Provincial Stadium, Sabtu (26/8).

Sepanjang 120 menit mereka mencoba segala upaya namun drama adu penalti tak berpihak kepada skuad Garuda Muda. Shin turut menyoroti agar AFF memberi perhatian soal keputusan wasit yang dinilai kontroversial pada laga final tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih utuk pemain kedua tim, Indonesia dan Vietnam. Saya juga mengucapkan selamat untuk Vietnam memenangi turnamen ini. Apresiasi juga untuk usaha para pemain, itu merupakan 120 menit usaha yang luar biasa," ujar Shin.

Baca juga: Drama Adu Penalti Pupuskan Garuda Muda

"Pemain mungkin punya usaha yang hebat, tetapi keputusan (pengadil) salah dan keputusan salah itu tidak bagus. Bisa menghambat perkembangan pemain meskipun mereka punya usaha yang besar," tambahnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan skuad yang tampil di Piala AFF U-23 maupun SEA Games 2023 menjadi fondasi awal untuk tampil di pentas Piala Asia U-23.

Erick mengapresiasi perjuangan tim karena prestasi bukanlah hal yang instan. Piala AFF menjadi bagian persiapan Piala Asia maupun kualifikasi Olimpiade 2024.

"Piala AFF U-23 ini adalah bagian dari proses. Karena tak ada tim di sepak bola yang bisa sukses tanpa memiliki sistem, roadmap, dan agenda yang jelas. Dengan segala risiko PSSI berusaha keras disiplin pada sistem, roadmap, dan agenda yang sudah disepakati, termasuk keikutsertaan pada AFF U-23 ini," ucap Erick.

(PSSI/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat