visitaaponce.com

Kalahkan Turkmenistan, Indonesia Tempati Peringkat FIFA Terbaik dalam 11 Tahun Terakhir

Kalahkan Turkmenistan, Indonesia Tempati Peringkat FIFA Terbaik dalam 11 Tahun Terakhir
Penyerang timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Turkmenistan.(MI/BRIYANBODO HENDRO)

TREN kemenangan timnas Indonesia di era kepemimpinan Erick Thohir di PSSI berbuah rekor baru. Usai menang 2-0 atas Turkmenistan di laga uji coba, Jumat (8/9), peringkat Indonesia di rangking FIFA melesat ke rangking 147 dari sebelumnya 150.

Keberhasilan menembus rangking 147 menjadi rekor terbaik Indonesia di ranking FIFA dalam 11 tahun terakhir. Sebagai catatan, sejak 2012, rangking FIFA terbaik Indonesia hanya di kisaran peringkat 150-an.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersyukur atas progres positif timnas Indonesia di rangking FIFA. Erick berharap tren kemenangan sepak bola Indonesia bisa berlanjut demi target besar menembus jajaran 100 besar dunia.

Baca juga : Piala Dunia U-17, Kepercayaan FIFA dan Kesempatan Sepak Bola Indonesia

"Alhamdulillah kita kemarin meraih kemenangan di FIFA matchday yang artinya peringkat kita naik di ranking FIFA. Tren kemenangan ini mesti dijaga. Kita punya target 100 besar dalam jangka pendek dan pada 2045 kita membidik ranking 45 setara," kata Erick Thohir dalam keterangan resmi, Sabtu (9/9).

Erick memuji performa timnas yang mampu fokus dalam menjaga target meraih poin demi menaikkan peringkat FIFA saat menghadapi Turkmenistan. Sebab, tim lawan punya peringkat yang lebih baik yakni di rangking 138 FIFA.

"Terus terang pertandingan yang tidak mudah. Bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita, saya harus apresiasi" kata Erick.

"Tidak seperti para pemain Eropa yang mudah beradaptasi di timnas karena padat kompetisi, terlihat tim kita kesulitan di awal laga," lanjutnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat