visitaaponce.com

Timnas U-19 masih Buka Peluang untuk Datangkan Pemain Keturunan

Timnas U-19 masih Buka Peluang untuk Datangkan Pemain Keturunan
Sejumlah pesepak bola Timnas U-19 Indonesia melakukan pemanasan saat mengikuti latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.(ANTARA/APRILLIO AKBAR)

PELATIH tim nasional U-19 Indra Sjafrie masih membuka peluang untuk mendatangkan pemain keturunan Indonesia atau diaspora, setelah PSSI berhasil merekrut Jens Raven untuk secara resmi membela tim Garuda.

Jens Raven telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani proses pengambilan sumpah dan janji setia kewarganegaraan Indonesia di Kanwil Kemekumham DKI pada akhir Juni lalu. Ia direncanakan
akan bergabung dengan timnas U-19 untuk tampil pada Piala AFF U-19 2024 pada sekira 5 atau 7 Juli, tetapi saat ini ia masih menyelesaikan kegiatan studinya terlebih dahulu.

"Kami telah memberikan beberapa nama dari semua pemain yang pernah bertemu dengan saya di Belanda. Saya sudah bicarakan dengan PSSI. Itu nanti PSSI yang menelusuri. Pertama, PSSI lah ini yang menelusuri silsilahnya. Karena saya juga mendengar ada yang tidak sesuai dengan Undang-Undang 12 tahun 2006, dan juga tidak sesuai dengan aturan FIFA. Makanya sekarang tim PSSI lagi mencoba menelusuri secara administrasi memungkinkan untuk atau tidak," kata Indra seperti dilansir dari Antara, Senin (1/7).

Baca juga : Jens Raven Resmi Disumpah, Indonesia Kini Punya Striker Baru

Saat diminta secara mendetail pemain dengan tipe apa yang mungkin ingin didatangkan, Indra menyebutkan tiga tipe pemain yang berpeluang didekati.

"Saya ada merekomendasikan posisi depan satu, dan center bek satu, kalau tidak salah bek kiri satu. supaya lebih mengerucut ya. Tapi nama biar PSSI yang merilis karena nama tersebut akan muncul valid kalau setelah silahnya ditelusuri dan memang bisa untuk diproses dan orang tuanya mau untuk diproses," tegas Pelatih Indra.

Pada turnamen terakhir yang diikuti timnas usia muda, Indra sempat memanggil lima pemain keturunan hasil pencariannya di Belanda. Kelima pemain tersebut adalah Tim Henri Victor, Dion Wilhelmus, Sem Peter Yvel, Hinoke Mouresmo, dan Raven.

Selanjutnya Indra mengingatkan bahwa proses perekrutan pemain keturunan yang masih berusia muda harus dilakukan dengan hati-hati, sebab ada lebih banyak hal yang harus diperhitungkan dibandingkan dengan mendatangkan pemain keturunan Indonesia yang sudah berusia senior.

"Kecuali kalau pemain senior yang caps (penampilan timnas) -nya sudah banyak, profilnya sudah jelas, mungkin cepat kita menentukan dia memang pemain bagus. Tapi kalau usia-usia 18 tahun ini harus cukup hati-hati," papar Indra. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat