visitaaponce.com

Kalah dari Jepang, Pelatih Timnas Jerman Menolak Mundur

Kalah dari Jepang, Pelatih Timnas Jerman Menolak Mundur
Hansi Flick.(AFP/Ina Fassbender.)

KONDISI Jerman makin memburuk. Tuan rumah Piala Eropa 2024 itu belum bisa keluar dari krisis dan menelan kekalahan lagi pada laga internasional.

Die Mannschaft dipermalukan Jepang 1-4 pada laga persahabatan yang berlangsung di Volkswagen Arena, Wolfsburg, Minggu (10/9). Kekalahan itu mengulangi pil pahit Jerman yang juga dibekap Jepang pada babak grup Piala Dunia Qatar tahun lalu.

Hasil itu menjadi kekalahan ketiga beruntun bagi Jerman di laga internasional. Dari lima pertandingan, skuad asuhan pelatih Hansi Flick bahkan tak pernah menang dengan catatan empat kali kalah dan satu kali imbang.

Baca juga: Kalahkan Jerman, Pelatih Jepang Nilai Timnya Perlu Mengembangkan Diri

Tekanan tinggi pun makin dirasakan Flick dan masa depannya menangani timnas Jerman untuk Euro 2024 diragukan. Federasi Jerman memang jarang memecat pelatih menjelang turnamen besar. Namun, berkembang kabar eks pelatih Bayern Muenchen Julian Nagelsmann potensial menduduki kursi pelatih timnas.

Flick yang sangat kecewa atas kekalahan dari Jepang menolak untuk mundur. "Saya pikir kami melakukannya dengan baik dan saya adalah pelatih yang tepat. Namun saya tahu segalanya bisa berubah dalam sepak bola profesional dan saya tidak bisa melihat apa yang akan terjadi," ucap Flick.

Baca juga: Jepang Mengalahkan Jerman dengan Skor 4-1

"Kami tidak cukup baik saat ini. Ini hari yang sangat pahit. Kami semua perlu bertanya kepada diri sendiri," kata sang kapten Ilkay Gundogan.

Junya Ito menyengat tuan rumah melalui golnya ketika laga baru berjalan 11 menit. Jerman langsung merespons berkat gol Leroy Sane delapan menit kemudian. Hanya, tak sampai tiga menit berselang tim Samurai Biru kembali unggul melalui gol Ayase Ueda. Di babak kedua, penampilan Jerman terasa pincang dan mamou dimanfaatkan Jepang yang mencetak dua gol di lima menit terakhir laga melalui Takuma Asano dan Ao Tanaka.

Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, menilai timnya sebenarnya punya lebih banyak peluang untuk mencetak gol tetapi yang terpenting ialah kemenangan. Hasil itu menjadi kemenangan ketiga berturut-turut bagi Jepang yang melanjutkan tren apik untuk persiapan Piala Asia mendatang di Qatar. "Untuk memenangi pertandingan di kandang Jerman, dalam situasi sulit ini, kami telah melakukannya dengan baik," ucapnya.

Sebelum laga, Flick menyebut mengesampingkan pendekatan eksperimentalnya. Namun, dia memasang Nico Schlotterbeck sebagai bek kiri. Posisi tersebut bukan pos aslinya karena di Borussia Dortmund dia merupakan bek tengah.

Kurangnya pengalaman Schlotterbeck dalam posisi tersebut amat kentara. Dia kerap menjadi sasaran eksploitasi serangan Jepang. Robin Gosens yang masuk menggantikan Schlotterbeck di babak kedua juga membuat blunder fatal yang berbuah gol ketiga Jepang. Jerman di laga persahabatan berikutnya bakal kembali diuji melawan Prancis pada Rabu (13/8). (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat