visitaaponce.com

Awal Baik Garuda Muda

Awal Baik Garuda Muda
Pesepak bola Timnas U-24 Indonesia Mohammad Haykal Alhafiz (kiri) menyundul bola saat melawan Kirgistan dalam kualifikasi Grup F Asian Games(ANTARA FOTO/HO-NOC Indonesia/Naif Al As)

TIM U-24 Indonesia membuka jalan untuk lolos fase grup Asian Games 2022 Hangzhou setelah memetik kemenangan 2-0 atas Kirgistan pada laga perdana di Stadion Universitas Zhejiang, Hangzhou, Selasa (19/9) malam WIB. Hasil ini membuat Garuda Muda memimpin klasemen sementara diikuti Korea Utara yang pada pertandingan lainnya mengalahkan Taiwan dengan skor serupa.

"Ini pertandingan pertama dan setiap turnamen pertandingan pertama itu sangat penting. Dan Alhamdulilah menang. Terima kasih ke pemain yang telah berjuang memberikan tiga poin untuk bisa melangkah selanjutnya," kata Indra Sjafri usai laga.

Meski persiapan menghadapi kejuaraan empat tahunan se-Asia ini berlangsung dalam waktu singkat, Rizky Ridho dkk memperlihatkan performa cukup baik dengan permainan terbuka sejak awal laga.

Baca juga: Indra Sjafri Maksimalkan Materi Pemain yang Ada

Di sisi lain, penyelesaian akhir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Garuda Muda. Serangan yang dibangun beberapa kali kandas akibat salah umpan, sehingga tidak banyak ancaman bagi kiper Kurmanbek Nurlanbekov. Indonesia baru bis membuka keunggulan pada menit ke-58. Kerja sama satu dua dengan Muhammad Taufany diselesaikan Ramai Rumakiek lewat tendangan keras di depan kotak penalti yang tak bisa dijangkau Nurlanbekov.

Kirgistan menaikan tempo permainan untuk mengejar ketertinggalan. Namun, serangan mereka mampu di redam lini pertahanan yang dikomandoi Rizky Ridho. Menjelang pertandingan berakhir, Hugo Samir memanfaatkan kesalahan pemain belakang Kirgizstan, dan menceploskan bola ke dalam gawang, sehingga Garuda Muda memastikan kemenangan menjadi 2-0.

Baca juga: Garuda Muda Ditargetkan Lolos Fase Grup di Asian Games 2022

"Babak pertama sangat sulit memang. Ini pertandingan pertama. Kita mampu menguasai pertandingan, tapi tidak ada gol. Babak kedua kami lakukan taktik tepat, kami menyadari Kirgistan akan bermain agresif. Jadi kami melakukan bertahan dan bermain serangan balik," kata Indra Sjafri.

Garuda Muda selanjutnya akan menghadapi Taiwan pada Kamis (21/9), diikuti dengan laga kontra Korea Utara pada Minggu (24/9). Kemenangan atas Taiwan bisa membuka peluang besar tim U-24 lolos fase grup.

Juara dan runner up grup akan lolos otomatis ke 16 besar. Selain itu, ada empat tim peringkat tiga terbaik dari enam grup yang bisa ikut masuk ke 16 besar. (Mal/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat